Usaha Budidaya tanaman pangan

Usaha Budidaya tanaman pangan. halo sobat rumahhewan.co.id pengertian dari tanaman pangan adalah semua jenis sumber daya hayati yang dibudidayakan manusia utuk memenuhi kebutuhan pangan.

Fungsi tanaman pangan:

  1. Sebagai bahan makanan dan minuman
  2. Dapat diolah menjadi beragam jenis makanan
  3. Mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat, vitamin, dan mineral

Pengelompokan tanaman pangan

  1. Serealia

Yaitu sekelompok tumbuhan yang ditanam untuk dimanfaatkan bijinya sebagai sumber karbohidrat. Apa saja sih contoh jenisnya yaitu gandum, padi, jagung, sorgum.

  1. Kacang kacangan

Yaitu jenis kacang kacangan, sekelompok tumbuhan yang ditanamkan untuk dimanfaatkan bijinya sebagai sumber protein dan lemak. Contoh jenis tanaman kacang kacangan yaitu akcang tanah, kacang hijau, kacang almond, dan kacang kedelai.

  1. Umbi umbian

Yaitu tumbuh tumbuhan yang dibudidayakan untuk dimanfaatkan umbinya. Contoh jenis tanaman umbi umbian yaitu ubi, talas, kentang dan singkong.

  1. Penunjang (sayur dan buah)

Pasti kalian suka kan sama makanan yang satu ini, ini adalah makanan favorit yang bisa bikin kita sehat buah dan sayur, ada apa saja sih jenis nya yaitu sawi, kangkung, straberry dan anggur.

Perencanaan usaha budidaya tanaman pangan

Disini kita akan bahas tentang ide dan peluang usaha, kenapa sih kita buka usaha budidaya tanaman pangan alasannya yaitu:

  • Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, karena pada dasarnya setiap orang butuh makan. Karena makan adalah kebutuhan primer.
  • Hobi atau minat. Banyak dari kita yang pastinya suka dengan keindahan, mangkanya kita bisa melakukan usaha budidaya tanaman
  • Beberapa produsen pagnan merupakan petani yang memiliki pendidikan rendah. Mangkanya kita sebagai generasi penerus bangsa harus melakukan usaha budidaya tanaman pangan agar bisa melanjutkan usaha yang telah dilakukan petani petani sebelumnya. Dan semakin berkembang dan maju.

Analisis peluang usaha

  1. Pangan merupakan kebutuhan pokok manusia selain sandang dan papan. Nah orang tidak bisa hidup tanpa makan ya nggak… betul nggak… ya kan… pasti kan… nah kita kalau nggak makan seharian tuh pasti lapar. Nah mangkanya kita membutuhkan pangan. Karena orang orang butuh tanaman pangan berarti perlu ada penyuplainya. Nah disini kita mencoba untuk bisa menjadi suplaiyer makanan dengan melakukan usaha budidaya tanaman pangan.
  2. Diperlukan orang yang ahli dalam mengerti rantai perdagangan pangan mulai dari tahap produksi, pengolahan, distribusi, penyimpanan dan pemasaran. Nah hal ini perlu dipelajari sejak dini, supaya kita bisa melakukan proses budidaya tanaman pangan ini dengan baik.

Sumber daya yang dibutuhkan

Untuk melakukan usaha budidaya tanaman pangan, ada beberapa sumber daya yang kita butuhkan

  1. SDM (sumber daya manusia) yang memiliki ketrampilan dan juga pengalaman. Nah ini berarti butuh praktek. Ya kan Dengan praktek kita bisa trampil dan juga berpengalaman dalam usaha budi daya tanaman pangan.
  2. Lahan atau media. Lahannya bisa berupa tanah medianya bisa berupa polyback ataupun pot
  3. Modal
  4. Bibit yang unggul
  5. Alat pertanian
  6. Managemen

Administrasi dan pemasaran

  • Administrasi itu berkaitan dengan pencatatan kegiatan budidaya mulai dari tahap persiapan, proses, hingga panen. Jadi hal hal yang berkaitan dengan 3 proses tersebut perlu kita catat supaya nanti bisa kita lakukan evaluasi.
  • Berkaitan dengan lokasi tempat kita menanam, tempat kita memasarkan produk, cara yaitu cara kita mempromosikan seperti apa. Apa mau secara offline atau secara online, dan pelaku pemasaran yaitu siapa saja sih orang yang akan memasarkan produk kita. Supaya produk ini tidak numpuk di toko tapi juga harus bisa terdistribusi ke orang orang yang membutuhkan

Tinggalkan komentar