Tips Memilih Bibit Ikan Koi

Rumahhewan.co.id, Memilih bibit ikan koi – Ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang cantik dan banyak diminati. Ikan ini bahkan memiliki penggemar dan sering pula diadakan pertandingan atau kontesnya.

Kontes ikan koi dinilai dari seberapa indah motif tubuhnya, seberapa baik gaya berenangnya dan aspek-aspek lainnya. Untuk mendapatkan ikan koi yang bagus, tidak hanya dari makanan dan perawatan saja. Perhatikan juga bibitnya.

Tips memilih bibit ikan koi berikut ini akan menjelaskan bagaimana cara mendapatkan ikan koi berkualitas. Jika Anda ingin memeliharanya, Anda harus tahu bagaimana cara memilih bibitnya.

Cara Memilih Bibit Ikan Koi yang Berkualitas

Ikan koi sedikit berbeda dengan ikan hias lainnya. Harganya pun lebih mahal. Beberapa ikan koi dengan karakter khusus bahkan bisa bernilai ratusan juta rupiah. Keunikan dan kecantikannya mampu menjadikannya sebagai ikan hias populer dan paling diminati.

Memilih bibit koi berkualitas adalah pengetahuan pertama yang harus Anda ketahui jika ingin memeliharanya. Sebelum mempelajari cara merawatnya, Anda wajib tahu bagaimana tips memilih bibit ikan koi yang sehat, bermutu dan memiliki motif unik.

Berikut ini cara yang bisa Anda pelajari :

1. Pilih Pola Tubuh

Tidak dipungkiri, pola tubuh ikan koi merupakan bagian yang paling besar penilaiannya dalam sebuah kontes. Oleh sebab itu, tips memilih bibit ikan koi yang pertama adalah pilihlah yang punya pola tubuh seimbang. Semua tanda yang ada di permukaan tubuh harus dalam ukuran seimbang.

Pola-pola pada ikan koi sangat beragam dan berbeda-beda. Namun ada bagian-bagian terpenting yang harus dijadikan pusat perhatian. Perhatikanlah bagian kepala, punggung dan ekor. Kedua pola ini harus dalam keadaan seimbang yaitu tidak ada pola yang dominan atau terlalu besar.

Baca juga: Cara memelihara ikan koki

2. Warna Terang

Tips memilih bibit ikan koi yang kedua adalah dengan memperhatikan warna tubuhnya. Ikan yang sehat dan berkualitas memiliki warna yang cerah dan cemerlang. Tubuhnya tidak terlihat kusam dan pucat. Ikan koi memang dikenal sebagai ikan yang mempunyai banyak motif dan warna. Namun, jika Anda perhatikan, tidak semua anakan atau bibit memiliki warna-warna yang menonjol.

Dalam hal ini, Anda harus lebih jeli dalam mengamati bibit-bibit ikan koi. Perhatikan dengan seksama pada bagian sisiknya. Warna ikan yang cemerlang dapat dengan mudah dilihat dari sisiknya. Sisik yang sehat dan berkualitas adalah berwarna terang dan menonjol. Semakin terang warnanya, semakin sehat keadaannya.

3. Bentuk Tubuh Sempurna

Ciri dan tips memilih bibit ikan koi berkualitas selanjutnya adalah melihat dari bentuk tubuhnya. Bentuk badan yang sempurna dan sesuai proporsinya adalah ciri yang bagus. Tidak terlalu besar pada bagian tertentu, siripnya tidak cacat, garis punggungnya lurus dan lain sebagainya adalah syarat tubuh sempurna.

Amatilah bibit dari atas untuk melihat garis punggungnya. Pastikan tidak ada lekukan atau bengkok di sepanjang kepala hingga kaki. Anda juga harus melihat pergerakan siripnya untuk memastikan tidak ada cacat di sana. Perhatikan pula bagian kepalanya. Bentuknya seimbang dan sempurna. Antara mata, hidung dan mulut harus memiliki perpaduan yang proporsional satu sama lain.

Tips memilih bibit ikan koi yang paling  menentukan adalah melihat bagaimana perbandingan panjang, lebar dan tinggi hewan ini. Perbandingan tubuhnya yang sempurna adalah 1:2 atau 1:3 untuk perbandingan tinggi dan panjangnya. Jika diamati dari atas, ikan koi yang bagus akan terlihat bulat memanjang namun tidak terlalu gemuk pada salah satu bagian.

4. Berasal dari Indukan Berkualitas

Hal yang paling utama adalah memperhatikan bagaimana indukannya. Jika induknya berkualitas, anaknya juga berkualitas. Tips memilih bibit ikan hias yang tepat adalah mendapatkannya dari peternak terpercaya. Pastikan indukan merupakan indukan yang berkualitas dan unggul. Anda bisa membuktikan dengan cara melihat langsung indukannya.

Seperti halnya memilih bibit ikan koi, Anda juga bisa mengaplikasikannya untuk melihat kualitas indukan koi. Bentuk tubuh sempurna, kulit sisik mengkilap, warna merata dan pola seimbang adalah ciri-ciri hewan berkualitas. Jika indukan koinya bagus, bisa dipastikan akan menghasilkan bibit-bibit yang baik pula.

Cara memilih bibit ikan koi ini akan menentukan bagaimana ikan koi tersebut saat menjadi dewasa. Apakah akan menjadi ikan koi yang bertubuh sehat dengan motif cantik? Atau apakah menjadi ikan koi yang biasa saja dan bahkan tidak memiliki keunikan tersendiri?

Untuk itulah, memilih bibit yang berkualitas itu penting. Meskipun makanan dan perawatan juga hal yang menentukan, namun tanpa bibit yang baik, mustahil memiliki ikan koi berkualitas.

Tinggalkan komentar