Penyebab Kucing Muntah

Rumahhewan.co.id – Tentu kamu pernah merasakan muntah kan? Bahkan pada manusia, muntah merupakan pengalaman yang sangat tidak nyaman sekali dilakukan, apalagi kucing. Apa penyebab kucing muntah?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kucing mu muntah. Berikut ini kami sajikan beberapa faktor yang bisa menjadi salah satu penyebab kucing muntah kuning.

Virus

Salah satu virus yang menjadi penyebab kucing muntah kuning dan mencret disebut virus panleukopenia. Virus ini menjadi salah satu virus yang mematikan untuk kucing. Virus ini menjadi salah satu penyebab kematian kucing tertinggi.

Virus ini menyerang radang dan menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing. Oleh karena ia menyerang saluran pencernaan pada kucing, ia yang bertanggung jawab terhadap muntah kuning pada kucing.

Jika kamu memiliki kucing lebih dari satu dan ternyata salah satu kucingmu sudah terkena virus ini, maka waspadalah! Virus panleukopenia dapat dengan mudah menular ke kucing lain dan menjadi salah satu faktornya.

Makanan

Penyebab kedua yang bisa jadi sebab kucing muntah dan lemas adalah keracunan makanan. Oleh karena kucing tidak bisa berbicara mengenai apa yang dirasa dari makanan yang ia makan, maka reaksi tubuh yang muncul darinya lah yang menjadi tanda apakah makanan yang dimakan itu cocok dengannya.

Racun yang ditemukan pada makanan bisa menyebabkan kucing muntah. Dan ketika kucing kamu muntah terus-terusan tanpa henti, tentu saja ia akan menjadi lemas, dan jika tidak segera dibawa ke dokter hewan yang berpengalaman, kucing kamu bisa mati dan tak terselamatkan.

Selain makanan yang mengandung racun, ternyata porsi makanan yang kamu berikan kepada kucing kamu juga sangat berpengaruh terhadap kesehatannya. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak memberikan makanan kepada kucing ya! Karena terlalu banyak makan bisa membuat kucing kamu muntah.

Baca juga: Desain kandang kucing

Hamil

Jika kamu memiliki kucing betina dan ia mengalami muntah, mungkin saja kucing kamu tidak memiliki gangguan kesehatan apapun, ia hanya sedang hamil. Sama seperti manusia, kucing betina yang sedang hamil juga akan mengalami muntah sebagai salah satu reaksi tubuh darinya.

Jadi, jangan khawatir. Yang perlu kamu lakukan adalah membawa kucing kamu ke dokter hewan dan memeriksakannya serta menanyakan langkah-langkah apa yang perlu diambil untuk merawat kucing hamil dan mengurangi efek muntah pada kucing kamu yang sedang hamil.

Hal ini dikarenakan kucing yang sedang hamil biasanya cukup sensitif dan ingin menyendiri, jadi kamu harus berkonsultasi kepada dokter hewan kepercayaanmu untuk menangani hal ini agar kucing kamu tidak menjadi stres. 

Kemasukan benda asing

Oleh karena kucing merupakan salah satu hewan yang sangat penasaran terhadap benda-benda baru, tak jarang kucing, apalagi kucing kecil, memasukkan benda-benda tersebut ke dalam mulutnya dan secara tidak sengaja menelannya.

Benda-benda ini merupakan benda asing yang tentu saja tidak bisa diterima oleh sistem pencernaan si kucing. Nah, sebagai efek dari menolaknya sistem pencernaan terhadap masuknya benda asing ini ke dalam perut si kucing, kucing akan secara otomatis muntah.

Kamu jangan panik jika menghadapi hal ini, sekali lagi, kamu hanya perlu membawa kucing kamu ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk mengantisipasi kemasukan benda asing sebagai salah satu penyebab kucing muntah, kamu harus mengawasi kucingmu agar tidak memakan benda-benda asing di sekitarnya.

Penyakit

Penyakit yang sedang diderita kucing juga bisa menjadi salah satu sebabnya. Jika kucing mengalami muntah lendir, maka berarti ada yang tidak beres dengan saluran pencernaannya.

Namun, jika ternyata kucing kamu mengalami muntah darah, bisa jadi karena masalah yang terjadi pada usus. Jika darah yang dimuntahkan adalah darah segar, berarti kucing kamu sedang mengalami perdarahan pada bagian usus atau pencernaan.

Jika warna muntahan kucing hijau, kemungkinan masalah yang terjadi ada pada pankreasnya, si kucing bisa jadi mengalami radang pada pankreas.

Segera bawa ke dokter hewan untuk berkonsultasi mengenai kesehatan kucingmu dan menemukan penyebab kucing muntah yang terjadi pada kucingmu.

Bagaimana jika kucing muntah darah?

Jika kucing kamu mengalami muntah darah, itu tandanya dia sakit. Darah yang dikeluarkan merupakan kotoran dalam tubuhnya.

Kenapa kucing ketika makan rumput muntah?

Kucing terkadang suka makan rumput, biasanya untuk membantu pencernaannya. Karena lambung kucing tidak bisa mencerna rumput tadi, maka setelah beberapa waktu dia akan memuntahkannya.

Tinggalkan komentar