Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Besar

Rumahhewan.co.id – Berternak ikan Nila atau ikan yang bernama latin Oreochromis niloticus, atau yang juga dikenal sebagai Nile Tilapia itu merupakan suatu hal yang gampang-gampang susah.

Sebagai ikan air tawar dan pemakan segalanya maka proses beternak ikan Nila itu cukup mudah. Namun ada beberapa kendala dan penyebab ikan nila tidak mau besar sebagai berikut ini.

Faktor Pakan

Faktor pakan ikan itu sangat mempengaruhi sehingga bisa membuat ikan Nila tidak bisa tumbuh menjadi besar, yakni antara lain bisa jadi karena jenis pakan yang diberikan pada ikan Nilanya tidak cocok, atau mungkin bisa jadi hal tersebut karena memang pakan yang diberikan adalah bukan pakan yang memang diperuntukkan untuk jenis ikan Nila.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena jika bukan karena komposisi pakannya adalah juga bisa karena ukuran pakannya yang terlalu besar sehingga lalu pakan tersebut sulit atau bahkan tidak bisa dikonsumsi oleh ikan Nila dengan secara baik.

Banyak faktor terkait pakan tersebut. Bisa jadi juga akibat kualitas pakannya yang sudah tidak layak lagi atau sudah kedaluwarsa atau telah memasuki masa expired atau dalam kondisi yang sudah hampir rusak sehingga akan mempengaruhi kualitas pakannya, meski komposisi bahan pakannya sudah tepat, dan lain sebagainya. Cek ulang kondisi pakan Nila sebelum diberikan.

Selain pelet ikan, kalian juga bisa gunakan pakan ikan nila alternatif. Silakan baca ulasannya di artikel ini https://rumahhewan.co.id/pakan-ikan-nila/

Faktor Lingkungan

Kemudian faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab sehingga ikan Nila peliharaan menjadi sulit berkembang dan tumbuh menjadi besar. Faktor lingkungan yang bisa menghambat pertumbuhan ikan Nila tersebut antara lain ialah seperti udara yang kotor akibat lingkungan yang kondisinya terlalu kumuh atau akibat adanya limbah yang tidak dibersihkan sehingga lalu bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya ikan nila, dan lain sebagainya.

Penting untuk selalu menjaga kebersihan kolam ikan Nila. Kolam ternak ikan Nila yang dalam kondisi airnya yang keruh dan tidak terawat akan membuat ikan nila menjadi sulit untuk bisa berkembang hingga menjadi besar.

Ketahui juga cara budidaya ikan nila yang benar:

Nafsu Makan Ikan Menurun

Faktor penyebab berikutnya ialah karena nafsu makan ikan Nila yang menurun. Jadi harus jeli dan bisa mengetahui faktor apa yang sebenarnya yang membuat ikan Nila menjadi susah makan, dan lalu berusaha untuk menemukan cara untuk mengatasi hal tersebut.

Antara lain caranya ialah bisa dengan membuat pakan buatan bagi ikan nila atau membuat komposisi pakan ikan Nila yang baru yang berbeda, yang akan dapat memulihkan nafsu makan ikan nila peliharaan.

Faktor Fluktuasi Suhu

Berikutnya bisa jadi karena pengaruh terjadinya fluktuasi suhu. Hal ini biasa terjadi ketika pada saat musim pancaroba tiba. Musim pancaroba ini adalah masa transisi dari musim hujan menuju peralihan ke musim kemarau ataupun sebaliknya.

Sedangkan sebenarnya kebutuhan suatu suhu yang ideal untuk keperluan budidaya ternak ikan nila itu ialah sekitar 28 derajat celcius hingga sekitar 30 derajat celcius.

Suhu kolam ikan Nila yang terlalu rendah ataupun juga yang terlalu tinggi sangat kurang baik dampaknya, karena bisa mengakibatkan ikan mengalami stres dan nafsu makan ikan Nila menjadi berkurang, dan juga akan meningkatnya risiko ikan Nila menjadi mudah terserang dan terjangkiti berbagai jenis penyakit ikan, yakni seperti akibat parasit atau pun bisa juga karena jamur.

Pengaruh PH Air

PH air atau tingkat keasaman pH air juga bisa menjadi salah satu penyebab ikan nila tidak mau besar, karena ikan Nila mengalami stres dan lalu turun nafsu makannya dan lain sebagainya.

Besaran pH yang ideal  yang diperlukan dalam budidayakan ikan nila yakni pada kisaran angka 6.5 hingga 8. Lalu untuk menjaga kadar nilai pH Air yang ideal maka dapat dilakukan dengan menggunakan air yang berkualitas yang baik.

Suatu hal yang biasanya terjadi itu antara lain ialah akibat pH air yang menjadi terlalu rendah atau menjadi lebih asam. Cara mengatasinya ialah dengan memberikan kapur dengan jumlah dosis tertentu yang tepat sesuai dengan kondisi pada kolam Ikan Nila nya.

Beberapa faktor tersebut di atas dapat menjadi ikan Nila mengalami stres dan tidak memiliki nafsu makan, oleh karenanya penting untuk mengecek dan mencegah agar berbagai kendala dan masalah pada kolam ikan tersebut tidak terjadi dan dapat dihindari sedini mungkin, sehingga ikan Nila bisa tumbuh berkembang hingga besar dan siap panen.

Satu pemikiran pada “Penyebab Ikan Nila Tidak Mau Besar”

  1. kemarin ikan di kolam makan dengan lahapnya begitu siang hujan juga nggak begitu lebat sorenya sampai pagi berkurang makannya

    Balas

Tinggalkan komentar