Penyebab Ikan Lele Terkena Jamur

Rumahhewan.co.id, Penyebab lele terkena jamur – Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Rasanya gurih, enak serta bernilai gizi tinggi. Anak kecil hingga orang dewasa menyukai rasanya yang unik. Pemintaan pasar akan ikan lele cukup tinggi. Oleh sebab itu, kini banyak bertebaran para peternak yang membudidayakan ikan lele.

Sebenarnya, ikan lele adalah jenis ikan yang mudah dibudidayakan namun ikan ini juga mudah terserang jamur dan penyakit. Banyak penyebab ikan lele terkena jamur ataupun terserang penyakit. Mulai dari pakan lele, air, udara dan lain sebagainya bisa sangat mempengaruhi.

Ikan Lele Terkena Penyakit Jamur

Resiko dalam suatu profesi memang selalu ada. Tidak terkecuali dengan peternak ikan lele. Beternak ikan lele ternyata tidak semudah kelihatannya. Memang, ikan lele merupakan ikan dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Ikan ini bisa tumbuh lebih cepat dua kali lipat dibandingkan dengan jenis ikan konsumsi lainnya. Akan tetapi, ikan lele juga sangat mudah sekali terkena jamur.

Ciri-ciri

Sebelum mengenali apa saja yang bisa menyebabkan jamur, sebaiknya Anda mengetahui ciri-ciri ikan lele yang terserang jamur. Diantaranya adalah :

  • Adanya benang halus yang tumbuh di tubuh ikan lele. Benang ini seperti kapas yang menempel di tubuhnya.
  • Gerakan ikan lele tidak gesit, lincah dan cepat. Ikan lele berenang dengan lemas dan kurang bertenaga.
  • Telur ikan lele juga rawan terserang jamur. Bentuknya serupa dengan jamur pada tubuh yaitu berupa sekumpulan benang atau kapas.

Penyebab Ikan Lele Terkena Jamur

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab lele terkena jamur dan bisa menyebabkan banyak kematian pada bibit ikan lele.

  • Kadar Oksigen Rendah

Kadar oksigen yang rendah di dalam kolam penampungan merupakan salah satu penyebab lele jamuran. Oksigen yang rendah memungkinkan pertumbuhan jamur dengan pesat. Jamur yang sering menyerang ikan lele adalah Saprolegnia. Jamur ini mudah sekali tumbuh pada ikan lele yang lemah dan sudah mati.

  • Kurang Gizi Makanan

Kekurangan gizi makanan juga menjadi salah satu penyebab ikan lele terserang jamur. Ikan lele yang kekurangan gizi akan mudah sakit dan bertubuh lemah. Hal ini menjadi kondisi yang sangat rawan terserang jamur. Jamur akan terus menggerogoti tubuh ikan lele hingga mereka mati.

  • Populasi Lele Terlalu Padat

Peternak ikan lele harus memahami berapa jumlah populasi lele yang bisa ditampung dalam sebuah kolam pembesaran. Memasukkan bibit terlalu banyak sering kali menyebabkan pertarungan atau gesekan antar ikan lele menjadi tinggi.

Secara tidak disadari, ikan lele ini akan terluka jika terkena sirip lele lainnya. Luka tersebut akan terinfeksi dan mengundang serangan jamur. Oleh sebab itu, jumlah ikan lele dalam sebuah kolam harus benar-benar diperhatikan. Jangan memelihara ikan lele dalam jumlah banyak sehingga populasinya terlalu padat.

  • Kualitas Air Kolam Buruk

Air kolam juga sangat berpengaruh bagi kesehatan dan pertumbuhan ikan lele. Air kolam yang kotor bisa menjadi sarang atau tempat hidup subur bagi pertumbuhan jamur. Ikan lele akan mudah sekali terserang jamur-jamur yang ikut tumbuh di dalamnya. Oleh sebab itu, kualitas air kolam sangat menentukan dan dapat menjadi sebab terkena penyakit.

Cara Mengatasi

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi faktor penyebab ikan lele terkena jamur. Sebagai upaya pencegahan, peternak ikan lele harus melakukan beberapa hal berikut ini, yaitu :

  • Segera Pisahkan Ikan yang Sakit

Jika Anda melihat ada salah satu ikan lele yang terindikasi terserang jamur atau penyakit, segera pisahkan. Pindahkan ke kolam lain untuk mencegah tersebarnya jamur lebih luas. Pastikan semua ikan yang sakit segera dikeluarkan dari kolam. Jika penyebab jamur adalah air kolam yang kotor, segera ganti air dan ciptakan lingkungan hidup yang baru supaya ikan lele tidak stress.

  • Taburkan Garam

Langkah selanjutnya adalah dengan menaburkan garam pada kolam ikan lele yang sehat dan sakit. Garam akan membantu sanitasi pada kolam dan menstabilkan air kolam. Selain itu, garam juga berfungsi untuk mencegah jamur berkembang lebih banyak.

  • Rutin Ganti Air Kolam

Pastikan untuk selalu mengganti air kolam selama beberapa waktu. Apalagi jika diketahui banyak ikan lele yang terserang jamur. Setidaknya ganti air kolam dua hingga tiga hari sekali hingga dirasa jamur sudah berkurang dan habis.

  • Berikan Obat Jamur

Jangan lupa untuk memberikan obat jamur pada kolam dan ikan lele. Anda bisa mendapatkan obat jamur dari toko pertanian setempat. Obat jamur ada dua macam. Ada yang dioleskan pada tubuh ikan lele dan ada pula yang dicampurkan pada air kolam. Penggunaannya tergantung dari kebutuhan untuk penyembuhan ikan lele dari infeksi jamur.

Dengan mengetahui faktor penyebab ikan lele terkena jamur, peternak bisa dengan cepat melakukan penanggulangan. Hal ini dibutuhkan supaya penyebaran jamur tidak meluas dengan cepat sehingga ikan lele sehat lainnya dapat tertolong. Jumlah kematian ikan lele yang tinggi tentu saja akan mengakibatkan kerugian bagi peternak.

Tinggalkan komentar