Penyabab Bibit Ikan Cepat Mati

Rumahhewan.co.id – Sebagai salah satu negara maritim dengan laut yang luas, Indonesia menyimpan kekayaan laut yang melimpah. Salah satunya sumber daya alam dari laut adalah ikan. Budidaya ikan juga banyak dipilih oleh sebagian masyarakat karena memiliki prospek yang baik sebagai sumber penghasilan. Namun, terkadang penyebab bibit ikan cepat mati saat dibudidayakan menjadi faktor penghambat.

Penyebab Bibit Ikan Cepat Mati

Bibit ikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dari suatu budidaya ikan. Jika kualitas bibitnya baik, maka hasil yang didapatkan juga akan memuaskan.

Namun, keberhasilan ini juga didukung dengan adanya perlakuan yang tepat saat proses budi daya yaitu cara pemeliharaannya dari bibit hingga ikan siap panen. Ada beberapa faktor bibit ikan mati antara lain sebagai berikut.

1. Stress

Sama halnya dengan manusia, bibit ikan juga bisa mengalami stress. Stress yang dialami bibit ikan disebabkan karena stress yang terjadi saat melalui perjalanan yang terlalu jauh dari lokasi pembibitan hingga lokasi yang dituju. Jika bibit ikan mengalami stress, maka bisa mengakibatkan bibit ikan mati. Hal ini tentu akan sangat merugikan bagi Anda. 

2. Kondisi Kolam yang Tidak Ideal

Pengaturan kolam yang tidak sesuai atau tidak ideal dapat memicu kematian pada bibit ikan. Pengaturan kolam yang tidak ideal yaitu pembersihan kolam yang kurang tepat, kurangnya persiapan kolam sebagai tempat budidaya ikan, dan kondisi air kolam yang kotor dan tercemar. Kepadatan kolam yang terlalu tinggi juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab bibit ikan cepat mati.

Baca juga: Pakan ikan nila supaya cepat besar

3. Pemberian Pakan Ikan yang Berlebihan

Memberi pakan ikan memang akan membantu proses perkembangan pada ikan agar berkembang dengan baik. Namun, pemberian pakan yang berlebihan justru bisa menyebabkan bibit ikan mati. Oleh karena itu, pemberian pakan harus disesuaikan agar bibit ikan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Langkah Pencegahan Agar Bibit Ikan Tidak Cepat Mati

Dengan mengenali faktor penyebabnya, Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan. Hal ini dilakukan agar proses perkembangbiakan pada ikan dapat berjalan lancar dan memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan ekspektasi Anda. Beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibit ikan cepat mati antara lain sebagai berikut.

1. Pengaturan Kolam yang Baik

Salah satu penyebab bibit ikan cepat mati adalah pengaturan kolam yang kurang baik. Untuk mencegah dan mengatasinya, Anda bisa mengatur kondisi kolam terlebih dahulu sebelum bibit ikan ditebarkan ke dalam kolam budi daya.

Perhitungkan dengan baik terkait kepadatan kolam tempat bibit ikan akan dibudidayakan. Idealnya, kepadatan kolam adalah 75 ekor bibit ikan setiap meter persegi. Kondisi kolam yang sempit dan dipaksakan untuk menampung bibit ikan yang terlalu banyak justru akan membuat bibit ikan gampang mati karena bibit ikan menjadi kurang leluasa melakukan pergerakan.

 Anda juga harus memastikan kondisi air pada kolam benar-benar bersih dan terhindar dari polusi. Jangan gunakan air yang tercemar karena bisa menyebabkan bibit ikan mati.

Baca juga: Budidaya ikan nila di kolam beton

2. Perhitungan yang Tepat

Sebelum Anda memulai budidaya ikan, yang perlu Anda perhatikan adalah melakukan perhitungan yang tepat, seperti perhitungan jarak antara bibit ikan atau kepadatan kolam. Hal ini untuk mencegah bibit ikan mudah mati, karena kurangnya ruang gerak bibit ikan dapat mengakibatkan bibit ikan tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Adanya perhitungan yang tepat dapat menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan panen ikan, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika Anda tidak melakukan perhitungan, kemungkinan mengalami gagal panen menjadi tinggi.

3. Pemberian Pakan yang Sesuai dan Tidak Berlebihan.

Pemberian pakan ikan yang berlebihan atau overfeeding bisa menjadi penyebab indukan ikan cepat mati. Untuk mencegahnya, Anda bisa memberikan pakan secukupnya sesuai kebutuhan bibit ikan yang Anda budidayakan. Berilah pakan pada bibit ikan sedikit demi sedikit yaitu sebanyak dua kali sehari.

Perhatikan pula waktu yang dibutuhkan sampai pakan yang ditebar habis. Jika pakan cepat habis, itu tandanya ikan makan dengan lahap. Anda bisa mulai meningkatkan takarannya. Anda bisa juga mencampurkan pakan dengan probiotik agar lebih mudah dicerna.

Usahakan memberi pakan secara merata dan jangan berlebihan karena bisa meningkatkan kandungan amonia pada air kolam. Pemberian pakan yang berlebihan juga dapat memicu tumbuhnya bakteri dan jamur pada kolam sehingga memicu munculnya berbagai macam penyakit yang dapat mengakibatkan bibit ikan mati.

Dengan mengenal dan memahami faktor penyebab bibit ikan cepat mati, Anda bisa mengantisipasinya dan melakukan pencegahan yang dapat memicu kematian bibit ikan yang Anda budidayakan. Penanganan dan pemeliharaan yang tepat akan sangat berpengaruh pada masa panen ikan tiba, sehingga keuntungan yang didapat akan lebih banyak dan mencapai hasil panen yang maksimal.

Tinggalkan komentar