9 Jenis Pakan Untuk Lovebird Agar Cepat Bertelur

Anda sedang mencari pakan untuk lovebird agar cepat bertelur? Ya, merawat jenis burung satu ini memang susah-susah gampang. Apalagi jika masih tergolong baru dalam merawatnya.

Supaya burung menjadi sehat, aktif, dan produktif, maka anda perlu memastikan telah memberinya pakan yang tepat. Biasanya pakan lovebird terdiri dari biji-bijian, sayuran, tunas, dan masih banyak lainnya.

Sifatnya pun ada yang sebagai makanan pokok atau tambahan. Namun, di antara banyak jenis pakan, kira-kira apa saja yang paling efektif untuk membuatnya subur? Silahkan simak informasi selengkapnya.

Jenis Makanan untuk Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur

Berikut ini daftar makanan untuk lovebird agar cepat bertelur. Semuanya berupa bahan alami, sehingga lebih aman dan mudah didapatkan.

1. Biji kwaci

Biji kwaci mengandung protein cukup tinggi. Tak heran jika biji-bijian ini menjadi jenis pakan untuk lovebird agar cepat bertelur. Bahkan, banyak pemilik burung berpengalaman yang memberikan sampai paskah bertelur. Cara penyajian biasanya dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti milet putih.

2. Biji gandum

Pada dasarnya, biji-bijian sama dengan peran nasi pada manusia. Ya, jenis ini merupakan makanan pokok bagi lovebird. Kandungan kalori, karbohidrat, dan protein yang tinggi diklaim mampu memberikan energi sekaligus menjadi makanan untuk lovebird agar cepat bertelur. Anda bisa memberinya gandum jenis apapun. Entah itu biji gandum putih, gandum merah, gandum kuning, atau lainnya.

3. Benih kenari

Jenis pakan ternak lovebird selanjutnya adalah benih kenari. Kandungan protein pada kenari bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sel telur, sehingga tidak hanya cepat, tetapi jug dalam jumlah banyak.

Ciri biji kenari yang bagus untuk lovebird, di antaranya tua, berwarna kuning mengkilap, kering bersih, dan tidak berbau. Namun perlu diingat, saat memberikannya perlu dikombinasikan dengan bahan lain, misal milet. Sebab jika tidak akan menyebabkan gemuk berlebih atau obesitas.

4. Tulang sotong

Bagi sebagian orang mungkin masih asing untuk memberi makan burung berupa tulang sotong. Namun ternyata, ini merupakan jenis pakan ternak burung lovebird agar cepat bertelur. Pemberian tulang sotong (sejenis cumi-cumi) akan menyehatkan sel telur dan memicu produktivitas.

Selain itu, juga dapat mencegah burung memakan telur sendiri. Cara penyajiannya harus dicampurkan dengan biji-bijian, sebab tulang sotong bersifat sebagai makanan tambahan.

5. Kangkung

Sama dengan manusia, lovebird pun membutuhkan asupan makanan berupa sayuran. Di antara banyak jenis sayur, kangkung berkategori sebagai makanan lovebird agar cepat bertelur.

Tak perlu di tumis atau dibuat plecing, ya. Hanya dengan memberikan kangkung mentah yang segar bisa meningkatkan keberhasilan proses bertelur. Pakan ini tentu dapat anda peroleh dengan mudah dan hemat biaya, karena harganya di pasaran cukup murah.

6. Tauge

Tak hanya menyuburkan manusia, tauge ternyata juga salah satu pakan untuk lovebird agar cepat bertelur. Kandungan nutrisi, terutama vitamin E alfa pada sayuran ini mampu meningkatkan birahi, menyuburkan, dan memperbesar keberhasilan proses bertelur.

Selain itu, ternyata kadar protein pada tauge 19 persen lebih tinggi dibandingkan pada biji kacang hijau. Namun, saat memberikannya, jangan lupa memastikan bahwa tauge masih dalam keadaan segar dan bersih. Anda bisa memadukannya dengan biji-bijian dan menjadi selingan dari kangkung.

7. Brokoli

Siapa yang tak tahu kayanya nutrisi pada sayuran satu ini? Tidak hanya baik untuk manusia, brokoli memiliki segudang manfaat baik untuk lovebird. Mulai dari menyehatkan pencernaan, meningkatkan sistem imun, antiinflamsi, sampai menyuburkan burung.

Anda tak perlu khawatir lovebird menjadi obesitas meski memberinya banyak brokoli. Sebab sayuran ini tidak mengandung lemak, rendah sodium dan kalori, tetapi tinggi serat, vitamin A, B6, serta potasium.

8. Milet putih dan merah

Pakan satu ini sudah sangat populer dikalangan pecinta burung. Milet putih dan merah menjadi jenis pakan yang banyak dicari untuk mempercepat proses bertelurnya lovebird. Kandungan nutrisinya terbukti membuat burung lebih aktif, sehat, rajin ngekek, kebal terhadap penyakit mata, dan menyuburkan. Pemelihara burung biasanya memadukan 75 persen milet dan sisanya berupa biji-bijian.

Namun perlu diingat, karena kandungan karbohidrat pada milet putih maupun merah cukup tinggi, maka jangan memberinya terlalu berlebihan. Tujuannya untuk menghindari obesitas pada lovebird.

9. Jagung manis

Selama ini mungkin anda sudah memberi lovebird pakan berupa jagung manis. Ya, biji-bijian ini sangat membantu menyuburkan burung, menjaga kesehatan mata, serta menguatkan otot-ototnya. Rasanya yang manis membuat lovebird begitu suka memakannya.

Baca juga: Tips memilih indukan lovebird

Kesimpulan.

Itulah beberapa jenis pakan untuk lovebird agar cepat bertelur. Selain menyoal pakan, anda juga perlu memperhatikan penunjang lain. Mulai dari memberi vitamin dan mineral tambahan (nutriBird A21), menjamin kebersihan minuman, sampai menjaga kehangatan kandang.

Gizi yang terpenuhi serta tempat nyaman terbukti efektif mempercepat proses berterlurnya lovebird. Sudah tak sabar ingin mempraktekkan? Silahkan mencoba dan rasakan buktinya.

Tinggalkan komentar