Ternak Lovebird: Tips Memilih Indukan Lovebird Berkualitas

Rumahhewan.co.idLovebird merupakan salah satu jenis burung yang banyak dijadikan sebagai peliharaan. Burung ini sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 1976. Cara memilih indukan lovebird bisa menjadi informasi menarik bila Anda ingin melakukan ternak burung ini di rumah.

Burung yang masuk dalam genus Agapornis ini dikenal pintar. Lovebird bisa dilatih untuk melakukan sesuatu. Jenis lainnya memiliki suara sangat merdu. Dalam dunia perkicauan, banyak lovebird pintar dijadikan master. Piala dari para master sangat banyak karena sering masuk dalam kontes berkicau.

Cara Memilih Indukan Lovebird Berkualitas

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk melakukan penangkaran lovebird? Untuk melakukan penangkaran burung tersebut, Anda harus memahami indukan lovebird berkualitas dengan baik. Inilah beberapa cara dalam mencari indukan terbaik untuk penangkaran lovebird.

1. Pilih jenis terbaik

Lovebird di Indonesia dibedakan menjadi beragam jenis. Anda bisa menemukan jenis topeng, leher kuning, madagaskar, muka salem, dan masih banyak lagi. Carilah indukan sesuai selera. Untuk mendapatkan keuntungan besar, Anda bisa memilih indukan dari jenis Lovebird mahal.

2. Cari tahu usianya

Memahami indukan lovebird berkualitas berikutnya adalah dengan mengetahui usianya. Untuk melakukan penangkaran atau ternak, Anda bisa memilih burung dengan usia minimal 1 tahun. Pilihlah burung jantan dengan usia lebih tua dibandingkan dengan burung betina. Jadi, pejantan nantinya bisa mendominasi proses perkawinan.

3. Pilih lovebird sehat

Ketika Anda memilih indukan, jangan pernah terpicu dengan harganya. Pilihlah burung dalam kondisi sehat. Pastikan kaki burung dalam kondisi kuat, kokoh, dan tidak lumpuh. Lihat pula kondisi tubuh si burung. Burung yang sehat bisa mencengkeram erat dan aktif bergerak. Jika kondisi burung gemetaran, kepala botak, atau bahkan dada membusung, jangan memilihnya.

4. Pastikan gerakannya gesit

Cara memilih indukan lovebird yang bagus adalah dengan melihat tingkat kegesitan burung tersebut. Lovebird dengan gerakan gesit merupakan lovebird berkualitas bagus. Anda bisa memperhatikan gerakannya. Pertimbangkan apakah Anda ingin memiliki indukan dengan gaya nagen atau gaya nyeklek.

5. Pilih sepasang lovebird yang sudah jodoh

Bagi Anda yang ingin melakukan penangkaran namun masih pemula, Anda bisa membeli sepasang lovebird. Peternak pemula pasti akan merasa kesulitan untuk membedakan lovebird jantan dan betina. Pasalnya, jenis kelamin burung ini memang tidak bisa dilihat dari bentuk fisiknya.

Jika Anda tidak yakin apakah sepasang lovebird yang dibeli adalah jantan dan betina, Anda bisa memasukkan keduanya dalam satu kandang. Jika dalam 2 minggu burung-burung tersebut membuat sarang dan bertelur, itu artinya mereka sepasang. Jika dalam 2 minggu tidak ada telur yang Anda temukan, Anda bisa menggantinya dengan sepasang lovebird baru.

6. Carilah yang gemar berkicau atau gacor

Kebanyakan orang yang memelihara lovebird adalah karena mereka suka dengan suara dan warna burung tersebut. Sebisa mungkin, Anda bisa memilih indukan yang gemar berkicau atau gacor. Indukan yang gemar berkicau memungkinkan anaknya gemar berkicau juga.

Dengan memilih indukan berkualitas baik, maka anakan burung yang didapatkan akan berkualitas. Jangan sampai salah memilih indukan untuk bisa mendapatkan potensi anakan dengan harga jual tinggi.

Ciri-ciri Indukan yang Baik

Untuk lebih memudahkan Anda dalam memilih indukan lovebird yang baik berkualitas, Anda bisa mengamati ciri-ciri indukan yang baik. Simak ciri-ciri indukan yang baik berikut ini.

indukan lovebird

1. Mata sehat

Pilihlah indukan yang memiliki mata cerah, tidak layu, tidak kotor, dan bersih. Ini menunjukkan bahwa burung tersebut sehat dan cocok untuk dijadikan sebagai indukan

2. Tidak cacat

Indukan yang baik tidak cacat. Lovebird yang tidak cacat menunjukkan ia dalam kondisi sehat. Lihat bagian bulunya dan pastikan warnanya bersih atau tidak kusam.

3. Proporsional

Indukan lovebird berkualitas memiliki ukuran proporsional. Bentuk badannya harus proporsional mulai dari bagian kepala, ekor, leher, dan kaki. Semuanya terlihat bagus dan seimbang atau tidak besar sebelah. Jika kepalanya terlalu besar, ini bukan merupakan ciri indukan berkualitas. Maka, jangan dipilih.

4. Juara

Jika Anda ingin mengembangkan burung yang berpotensi menjadi juara, maka carilah indukan gacor dan telah memiliki peringkat di berbagai ajang. Anakan burung biasanya mengikuti warisan dari induknya. Jika induknya gacor dan memiliki ngekek panjang, kemungkinan anaknya pun akan demikian.

5. Pilih yang sudah produksi sebelumnya

Jika Anda menjodohkan dari awal, maka proses perkembangbiakan harus menunggu waktu sedikit lama. Maka, Anda bisa mencari teman terpercaya yang benar-benar mengetahui burung yang sudah pernah produksi.

Demikianlah beberapa cara memilih indukan lovebird yang penting untuk Anda perhatikan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, berikan kandang bagus. Jangan lupa, berikan makanan berkualitas dan vitamin burung. Bersihkan kandang dengan teratur agar lebih mudah untuk berkembang biak.

Tinggalkan komentar