Manfaat Daun Pepaya untuk Budidaya Ikan Lele

Rumahhewan.co.id, Daun Pepaya untuk Lele – Ikan lele disukai karena rasanya yang unik dan gurih. Namun siapa sangka budidaya ikan lele tidak semudah kelihatannya. Dengan pertumbuhan yang cukup cepat, ikan lele juga memiliki kelemahan yaitu mudah terserang jamur dan penyakit.

Oleh sebab itu, peternak ikan lele harus menjaganya dengan seksama. Salah satu alternatif pengobatan herbal yang sangat dianjurkan untuk budidaya ikan lele adalah daun pepaya. Banyak kelebihan dan manfaat daun pepaya untuk budidaya ikan lele ditinjau dari segi kesehatan.

Manfaat Daun Pepaya untuk Ikan Lele

Kesehatan ikan lele merupakan prioritas utama dalam budidaya ikan lele. Memelihara kesehatan adalah salah satu kegunaan daun pepaya untuk budidaya ikan lele. Berikut ini adalah beberapa manfaat lain yang bisa diberikan oleh daun pepaya, diantaranya adalah :

1. Obat Tradisional

Daun pepaya yang dirajang halus dan ditebarkan sebelum penebaran benih ikan lele akan menjadi obat herbal bagi lingkungan kolam tinggal ikan. Daun pepaya memiliki kandungan zat yang dapat menghambat bahkan membunuh jamur atau kuman yang ada di dalam kolam.

2. Pengobat Stress

Ikan lele tergolong sebagai ikan yang mudah stress jika dipindah ke lingkungan baru. Dengan pemberian daun pepaya, tingkat ke-stress-an ikan lele dapat dikurangi. Kegunaan daun pepaya untuk lele adalah mengandung zat yang menenangkan kegelisahan ikan lele. Hal ini akan memberikan pengaruh positif karena ikan lele yang stress sangat gampang terserang penyakit atau jamur.

3. Makanan Alami

Daun pepaya yang dimasukkan ke dalam kolam akan memancing pertumbuhan lumut. Seperti yang Anda ketahui, lumut adalah makanan alami bagi ikan lele. Pakan ikan lele ini sangat baik bagi pertumbuhan dan kesehatannya. Apalagi lumut yang dihasilkan melalui bantuan daun pepaya. Lumut ini memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh ikan lele.

4. Sumber Gizi Tinggi

Manfaat daun pepaya bagi ikan lele tidak hanya sebagai penumbuh lumut saja. Daun pepaya sendiri pun bisa dikonsumsi langsung oleh ikan lele. Daun pepaya mengandung banyak sumber gizi seperti Vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori, protein, kalsium, hidrat dan lain sebagainya. Jika ikan lele mengonsumsi daun pepaya, dia akan memenuhi kebutuhan nutrisinya.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tidak hanya untuk manusia saja, ikan lele juga bisa merasakan secara langsung bagaimana manfaat daun pepaya. Daun ini memiliki kandungan enzim yang bernama papain. Papain berfungsi sebagai antibakteri.

Baca juga: Penyebab ikan lele terkena jamur

Daun pepaya akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh ikan lele sehingga tidak mudah terserang penyakit. Disamping itu, daun pepaya juga mengandung tocophenol dan flavonoid. Kedua zat ini berfungsi sebagai anti mikroba.

6. Penghilang Sifat Kanibalisme

Ikan lele merupakan hewan omnivora yang mampu memakan semua makanan. Bahkan, ikan lele pun bisa memakan sesamanya. Ikan ini tergolong agresif ketika saling berebut makanan. Tidak heran jika Anda mungkin akan melihat ikan lele saling menyerang satu sama lain. Daun pepaya dapat dipergunakan sebagai obat yang mampu meredam sifat kanibalisme ikan lele.

Mengambil manfaat daun pepaya buat ikan lele dalam hal ini adalah dengan menjadikannya jamu atau obat. Cincang daun pepaya dalam bentuk yang halus, kemudian berikan tetesan molase atau tebu. Diamkan ramuan ini selama kurang lebih 15 menit sebelum memberikannya pada ikan lele. Ramuan ini akan mengurangi sifat kanibalisme ikan lele.

7. Mudah Dikembangbiakkan

Daun pepaya merupakan pakan alami yang menyehatkan. Dengan kondisi tubuh dan mental yang baik, ikan lele akan sangat mudah dibiakkan. Dalam hal ini, daun pepaya sangat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan lele. Ikan lele menjadi produktif dan tidak mudah terserang penyakit.

8. Mensterilkan Kolam

Seperti disebutkan sebelumnya, ikan lele merupakan ikan yang mudah stress terhadap kondisi lingkungannya. Oleh sebab itu, sebelum memindahkan ikan lele ke kolam baru, ada baiknya kolam baru dipersiapkan terlebih dahulu. Daun pepaya akan membantu membentuk ekosistem kolam seperti yang dibutuhkan oleh ikan lele.

Mensterilkan kolam merupakan salah satu manfaat daun pepaya pada ikan lele akan mensterilkan kolam dari kuman dan bakteri. Dengan demikian, kolam akan menjadi lingkungan yang sehat untuk pertumbuhan ikan lele.

Caranya adalah dengan menyemprotkan air daun pepaya yang telah ditumbuk halus sebelumnya. Penyemprotan ini hendaknya dilakukan lima hingga enam hari sebelum pengisian air kolam. Semprotkan air daun pepaya pada seluruh permukaan kolam untuk membunuh bakteri dan kuman. Sebelum diisi  air, bersihkan kotoran daun pepaya yang telah mengering terlebih dahulu.

Sebagian besar peternak ikan lele telah mengetahui dan memahami manfaat daun pepaya untuk budidaya ikan lele. Mereka telah banyak mempraktekkan penggunaan daun ini dan cukup memberikan hasil memuaskan. Jika Anda berminat menjadi seorang peternak ikan lele, pastikan untuk selalu sedia stok daun pepaya setiap saat karena Anda pasti membutuhkannya.

Tinggalkan komentar