Macam Jenis Hewan Ternak

Rumahhewan.co.id – Hewan ternak adalah hewan yang dipelihara sehingga memberikan keuntungan bagi pemeliharanya seperti dapat menjadi sumber pangan, baku industri, dan lain sebagainya. Hampir sama dengan sistem pertanian dan peternakan. Macam-macam hewan ternak juga sangat bervariasi, yaitu ayam, ikan, burung, kambing dan lainnya. Untuk itu kamu bisa memilih hewan yang menurut kamu mudah dipahami dan dikembangkan.

Beternak atau memelihara ternak sebenarnya dapat memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan. Namun apabila disertai dengan pemahaman bagaimana cara berternak dengan baik dan benar. sebenarnya beternak bukanlah hal sulit dengan memilih hewan yang kamu kenali dan sesuai dengan keahlian yang dimiliki. 

Macam-macam Hewan Ternak

Berikut ini adalah macam-macam hewan ternak yang menguntungkan dan mudah dipelihara:

1. Ayam 

Ayam menjadi hewan ternak paling banyak dan umum dijumpai di setiap belahan negara. Ayam dapat dimanfaatkan telur dan juga dagingnya. Ayam sendiri menjadi salah satu macam-macam hewan ternak yang paling disukai karena membutuhkan perawatan yang cukup mudah, murah, dan efisien.

Hasil daging ayam dapat menjadi konsumsi pribadi, olahan pangan pabrik, seperti makanan siap saji atau bumbu. Hasil ternak ayam pun sangat mudah dipasarkan karena pembelinya yang mencakup semua kalangan mulai dari masyarakat biasa sampai dengan pelaku bisnis. 

Jika kalian masih bingung mau ternak ayam jenis apa, berikut referensi dari saya:

2. Bebek 

Sama seperti ayam, bebek juga termasuk jenis unggas namun lebih suka bermain atau beraktivitas di lingkungan yang berair seperti sawah, danau, atau sungai. Hal ini didukung dengan paruh dan selaput kakinya yang memudahkannya untuk mendapatkan makanan di lingkungan yang berair seperti ikan.

Selain itu bebek juga termasuk salah satu macam-macam hewan ternak yang sering dijumpai karena perawatan pemeliharaannya yang sangat mudah. seperti dengan ayam, daging dan telur bebeklah yang dapat dimanfaatkan. Daging bebek sendiri sangat digemari sehingga sangat mudah untuk dijual. 

3. Kambing

Kambing juga termasuk macam-macam hewan ternak yang mudah ditemukan. Maka tidak heran jika banyak orang Indonesia yang menyukai daging kambing. Daging kambing sendiri dapat diolah menjadi makanan yang lezat seperti sate, gulai, hingga menjadi syarat untuk ritual agama yaitu akikah. Harganya daging kambing pun relatif terjangkau di pasaran.

Untuk beternak kambing dibutuhkan kandang yang diusahakan agar berada cukup jauh dari lingkungan rumah masyarakat, karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu dibutuhkan juga tenaga untuk mencari rumput sebagai pangan kambing.

Selain daging kambing, kotoran kambing juga dapat dimanfaatkan kembali untuk pupuk tanaman. Walaupun harga kotoran sapi sangatlah murah, akan tetapi lumayan untuk penghasilan tambahan dari beternak kambing. 

4. Sapi

Sapi adalah jenis hewan ternak yang cukup mahal karena dapat menghasilkan daging yang banyak untuk bahan pangan. Sama halnya dengan kambing, daging sapi juga sangat digemari.

Untuk dapat beternak hewan sapi dibutuhkan modal yang besar untuk membeli sapi dan membuat kandangnya. Selain itu ternak sapi juga membutuhkan perawatan yang banyak mulai dari rumput sebagai pakan utama, hingga tenaga untuk membersihkan kotoran dan kandangnya.

Namun dengan modal yang besar tentu saja keuntungan yang akan didapatkan juga akan sesuai. Sedangkan sapi jenis betina cenderung lebih bermanfaat karena dapat menghasilkan air susu yang bisa dijual dengan harga yang cukup menguntungkan. 

5. Ternak Cacing

Ternak cacing merah

Tak disangka, cacing juga masuk kedalam hewan ternak yang menguntungkan. Banyak dari kita mungkin menganggap cacing sebagai hewan yang menjijikkan, namun ternyata caing memiliki prospek yang bagus untuk dijadikan peluang usaha. Cara ternak cacing pun terbilang gampang.

Keuntungan beternak jenis hewan ini sangat beragam, ada yang memanfaatkan untuk pakan hewan, bisa dijadikan obat herbal dan lain sebagainya.

Dengan bermodalkan tempat sempit saja sudah bisa membudidayakan hewan ini. Perawatannya pun terbilang mudah. Masa panennya juga lumayan cepat, cukup 2-3 bulan saja sudah bisa panen.

Jika kalian tertarik untuk budidaya cacing, tim rumahhewan.co.id berikan referensi-nya berikut ini:

6. Ternak Ikan

Sudah tidak diragukan lagi, budidaya ikan sudah terkenal sejak dulu sebagai sumber penghasilan yang cukup mumpuni. Usaha ini cukup menguntungkan jika kalian punya lahan yang cukup luas.

Ikan merupakan jenis hewan yang populer dan cocok untuk dijadikan usaha ternak hewan. Ada banyak sekali jenis ikan yang bisa kalian pilih untuk diternakkan. Cocokkan dengan luas ruangan yang kalian punya.

Jika tidak punya lahan luas, kalian bisa ternak ikan hias. Kamu hanya memerlukan beberapa akuarium yang bisa kamu tempatkan dimana saja bahkan di kamar pun bisa kamu gunakan sebagai ruangan untuk beternak ikan hias. Beberapa ikan yang tengah populer saat ini diantaranya, ikan arwana, ikan koi, Ikan cupang, Ikan Guppy dan berbagai spesies ikan lainnya.

Berikut referensi untuk budidaya ikan:

Jenis Hewan Ternak Lahan Sempit

Tinggal di perkotaan atau perumahan yang tidak memiliki cukup luas merupakan suatu masalah bagi seorang peternak. Namun hal ini bisa diatasi dengan cara membudidayakan hewan kecil yang cukup denganlahan sempit.

Apa saja macam jenis hewan ternak yang cocok dilahan sempit namun menghasilkan banyak keuntungan? Berikut referensinya:

  • Jangkrik
  • Maggot BSF
  • Ikan hias
  • Kroto (telur semut)
  • Cacing
  • Ulat hongkong / Mealworm
  • ..dll

Itulah beberapa macam-macam hewan ternak yang mudah dan sering kali dijumpai di masyarakat atau lingkungan kamu. Selain mendapatkan keuntungan, beternak juga dapat membantu populasi hewan dan menjaga keseimbangan alam sehingga jumlah populasinya dapat terlindungi dari orang-orang tidak bertanggung jawab yang ingin memburunya. 

Tinggalkan komentar