Jenis Ikan Cupang Untuk Dipelihara

Rumahhewan.co.id, Jenis ikan cupang – Anda mungkin mengenal ikan cupang sebagai ikan petarung yang diminati oleh anak-anak. Namun, siapa sangka ikan cupang ternyata memiliki keindahannya tersendiri untuk dijadikan sebagai ikan penghias rumah.

Beberapa di antaranya memiliki warna menarik dengan bentuk tubuh berumbai yang unik. Hal inilah yang menjadikannya sangat cocok diletakkan dalam akuarium di dalam rumah. Tapi, tidak semuanya bisa dijadikan ikan hias. Anda harus tahu mana saja jenis ikan cupang yang bisa dipelihara sebagai ikan hias.

Jenis Ikan Cupang Yang Mudah Dipelihara Sebagai Penghias Rumah

Ikan Cupang memiliki habitat di Asia Tenggara, tepatnya di Indonesia, Brunei, Thailand, Vietnam dan Malaysia. Ikan ini memiliki setidaknya 73 spesies di dunia. Keragaman spesiesnya berdasarkan keragaman fisiknya seperti bentuk sirip, warna dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis ikan cupang yang mudah dipelihara sebagai ikan hias di rumah. Di antaranya adalah:

Cupang Halfmoon

Halfmoon adalah ikan cupang yang memiliki bentuk sirip menyatu dengan ekornya. Sebenarnya sirip dan ekornya tidak benar-benar menyatu. Karena posisi pertumbuhannya yang hampir bersamaan, sirip dan ekor terlihat seperti menyatu.

Cupang halfmoon ini merupakan jenis ikan cupang paling populer. Hal ini dikarenakan bentuknya yang unik serta banyak variasi warna. Halfmoon memiliki ragam warna seperti merah, kuning, jingga dan semua warna menyala lainnya. Inilah yang menjadikan jenis ini sangat menarik untuk dipelihara.

Cupang Double Tail

Jenis cupang yang cocok dipelihara kedua adalah jenis cupang double tail. Ikan ini juga  memiliki karakteristik sirip yang seperti menyatu dengan ekornya. Hanya saja, di pertengahan sirip dan ekor ada belahan atau potongan.

Itulah mengapa ikan ini disebut sebagai ekor ganda atau double tail. Sekilas, cupang double tail hampir mirip dengan cupang halfmoon atau bulan sepotong. Belahan siriplah yang menjadi pembedanya.

Cupang Double Tail merupakan salah satu yang tercantik. Namun sayangnya, cupang jenis ini nampaknya agak sulit dikembangkan. Anda tidak akan banyak menemui jenis double tail di pasaran. Jikalaupun ada, pasti harganya akan cukup mahal.

Cupang Fancy

Jenis ikan cupang yang bisa dipelihara selanjutnya adalah jenis fancy. Memang, ikan cupang fancy tidak memiliki sirip sebesar cupang double tail. Akan tetapi, jenis ini punya warna beragam.

Warna menjadi kelebihan jenis ini. Apalagi jika memiliki beberapa kombinasi warna, harga cupang yang satu ini akan sangat mahal. Cupang fancy akan menjadi penghias yang manis jika diletakkan dalam akuarium ruang tamu Anda.

Baca juga: Tips memilih bibit ikan koi

Cupang Plakat

Ikan cupang plakat berasal dari Thailand. Hewan ini dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan keperluan adu atau pertarungan cupang. Di Thailand, hal ini sudah menjadi sebuah tradisi. Cupang tersebut memiliki fisik yang sedikit berbeda. Siripnya tidak sepanjang jenis cupang lainnya. Siripnya agak pendek, namun tubuhnya agak besar.

Cupang plakat merupakan salah satu jenis ikan cupang yang bisa dipelihara di rumah dan juga untuk aduan. Karakternya agak sedikit agresif karena memang dikondisikan untuk bertarung. Gerakannya lambat namun gesit. Secara keseluruhan, ikan cupang memberikan penampilan kokoh, kekar dan sekaligus garang.

Cupang Giant

Sesuai namanya, ikan cupang giant bertubuh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Jenis yang satu ini merupakan hasil persilangan dari jenis cupang plakat dengan jenis lainnya.

Kini, bahkan jenis halfmoon dan double tail pun juga akan disilangkan dengan giant supaya terlahir spesies cupang cantik bertubuh besar. Semakin besar dan menarik sirip sekaligus warnanya, harganya akan semakin mahal. Tentu saja, akan menjadi ikan yang menonjol dalam sebuah akuarium dalam rumah.

Cupang Serit

Ikan cupang yang satu ini merupakan salah satu yang terbaik dari segi warna. Cupang serit merupakan hasil penangkaran peternak cupang Indonesia. Jenis ini sangat cocok

Jenis ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu jenis cupang yang bisa dipelihara di rumah. Bentuk seritnya seperti mahkota raja.

Itulah beberapa jenis ikan cupang yang bisa dipelihara di rumah untuk dijadikan ikan hias. Cupang selama ini memang dikenal sebagai ikan petarung saja. Kepopulerannya sebagai ikan hias kalah dengan koi dan koki yang secara bentuk jauh lebih menarik.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa ikan ini bisa dijadikan ikan hias di dalam rumah. Cupang dengan motif dan jenis tertentu cukup menarik dan unik dijadikan pengisi akuarium di dalam rumah.

Tinggalkan komentar