Inspirasi 25 Desain Kandang Kucing

Inspirasi 25 Desain Kandang Kucing. Halo sobat rumahhewan.co.id Selain manusia, kucing yang merupakan salah satu hewan peliharaan terfavorit ternyata juga memiliki banyak furniture yang bisa di tambahkan untuk membuatnya aktif bermain. Sebagai contoh tempat tidur kucing, pohon kucing, bahkan mainan khusus kucing. Kandang kucing juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hal tersebut.

Berikut adalah 25 desian kandang kucing buatan sendiri yang bisa kita buatkan untuk kucing kesayangan kita dirumah. Selalu perhatikan bahwa walaupun kucing sudah memiliki kandang yang besar, tempat tidur kucing yang nyaman berupa alas/bantalan empuk juga harus tetap disediakan.

  1. Kandang kucing dari kawat outdoor

Kandang ini terbuat dari kawat baja yang dicat berwarna hijau sehingga selaras dengan kondisi taman tersebut. Letakkan tempat tidur di dalamnya serta beberapa furniture tambahan sebagai tempat istirahat kucing.

  1. Kandang kucing dari kayu outdoor

Halaman depan belakang rumah kosong? Daripada dibiarkan begitu saja lebih baik buat kandang kucing berupa lorong lorong. Kerangka lorong dibuat dari kayu dan kemudian diberi dinding dari kawat agar kucing tetap bisa menghirup udara bebas tanpa halangan. Jangan lupa pasang atap cukup di bagian atas tempat tidur kucing saja agar ia bisa terlindungi dari terik matahari dan air hujan.

  1. Kandang kucing dari kayu indoor

Kandang berikut dibuat sendiri untuk kucing kesayangan ktia dirumah dengan menggunakan kayu sungkai. Kandang kucing berbentuk kotak ini bisa kita pindah pindahkan ke bagian mana yang kita suka karena dipasang roda di tiap ujung kakinya. Bagian atap dipasangi kanopu transparan serta bagian dalamnya ada dua tangga yang menghubungkan lantai dasar dan lantai kedua.

  1. Kandang kucing dari kayu indoor di ruang dapur

Kandang kucing indoor ini bisa kita buat disamping dapur atau mesin cuci. Bahan rangka dibuat dari kayu dan dikelilingi oleh kawat. Tempatkan bak pasir di bagian dasar kandang dan tempat makan dan minum di lantai atas. Kita juga bisa tambahkan mainan didalamnya untuk mengusir kejenuhan kucing ketika kita sedang sibuk memasak atau mencuci pakaian.

  1. Kandang kucing dari kayu indoor berbentuk kubus

Desain berikut yaitu kandan kucing dengan kerangka dari kayu serta berdingding kawat. Bagian dalam kandang kucing berukuran super besar ini diletakkan beberapa aksesoris alami seperti batang pohon dan peralatan khusus kucing lainnya seperti alas tidur, tempat makan, dan tempat buang air. Tambahkan kursi ataupun alas/tikar agar kita bisa bersantai bersama kucing tercinta kita didalamnya.

  1. Kandang kucing dari pipa PVC indoor di jendela kamar

Kita ingin membuat kandang seperti itu, pastikan jendela kita memiliki kanopi lebar di bagian atasnya agar kucing tidak kepanasan ataupun kehujanan. Selain itu, penyangga juga harus dibuat benar benar kuat sebelum digunakan oleh kucing.

  1. Kandang kucing dari lemari tak terpakai outdoor/indoor

Jika ada beberapa material bekas sisa membuat gudang atau lain sebagainya, buatkan saja kandang kucing sederhana seperti diatas. Selain hemat dalam biaya pembuatan, kandang ini juga relatif mudah untuk dibuat.

  1. Kandang kucing dari kawat sederhana

Kandang ini terlihat sangat sederhana karena terbuat dari bilah besi kecil sebagai rangkanya. Dinding kandang terbuat dari jaring dan dipasangkan hammock didalamnya untuk tempat bersantai kucing. Kandang ini juga tersambung langsung dengan jendela rumah agar kucing bisa keluar masuk jika ia bosan berada di rumah atau sebaliknya.

  1. Kandang kucing dari pipa PVC indoor

Walaupun terbuat dari pipa PVC kecil, kandang kucing ini bahkan terlihat sangat unik. Tangga untuk kucingnya pun juga terbuat dari pipa sedangkan bagian atasnya diberi atap plastik transparan. Bagian dasar berupa kayu dan ditambahkan roda agar bisa dipindahkan ke lokasi mana pun yang kita inginkan.

  1. Kandang kucing dari pipa PVC + Net

Desain berikut cukup mudah kita buat karena hanya terdiri dari bahan mudah didapatkan, yakni pipa PVC dan jaring plastik. Model rangkanya pun tidak terlalu rumit, hanya buatkan tiga buah penyangga untuk digunakan sebagai tempat alas tidur kucing. Pastikan kita membuatnya di lokasi yang memang pas untuk kandang kucing seperti di tempat teduh karena akan susah memindahkannya setelah selesai kita buat.

  1. Kandang kucing dari pipa PVC indoor

Masih desain kandang dari pipa PVC seperti desain sebelumnya, namun ukurannnya sedikit lebih besar dan cukup untuk dua ekor kucing atau lebih. Ada dua tangga panjang menuju tempat yang bisa kita letakkan tempat makan dan minum kucing atau alas tidur diatasnya.

  1. Kandang kucing dari kayu outdoor

Cukup beli beberapa bilah kayu dan kemudian olah desain rangka kandang kucing sederhana. Kelilingi dengan kawat baja anti karat dan kucing kita siap menempati kandang tersebut. Jangan lupa letakkan peralatan kucing di dalamnya.

  1. Kandang kucing dari kawat outdoor di jendela

Desain kandang ini di buatkan lorong yang menuju dari dan ke rumah melewati jendela. Kandangnya dengan mudah kita buat sendiri. Pasang hammock serta papan panjang untuk dijadikan kucing sebagai tempat istirahat dan arena untuk uji kemampuan melompat.

  1. Kandang kucing dari pipa outdoor

Satu lagi kandang kucing dengan rangka pipa. Model yang ini merupakan gabungan beberapa pipa pendek yang kemudian digabung satu sama lain, sehingga terlihat berkotak kotak seperti tampak pada gambar. Salah satu bagian kotaknya bisa kita tempatkan pasir untuk kucing kita buang air, di bagian kotak lain bisa letakkan pot bunga sebagai aksesoris atau peralatan makan dan tidur kucing.

  1. Kandang kucing dari kawat besi outdoor di jendela kamar

Desain sebelumnya terhubung dengan lorong menuju jendela, tapi desain ini memang dibuat menempel langsung di jendela. Kandang ini terbuat dari besi yang solid sehingga sangat awet bahkan jika sering diterpa panas dan hujan. Kita hanya perlu memasukkan peralatan makan dan minum serta tempat tidur kucing di dalamnya. Kucing bisa keluar masuk melalui celah kecil yang sudah di buat sebelumnya.

  1. Kandang kucing dari kawat outdoor + pohon kucing

Bagian dalam kandang ini ditempatkan sebuah pohon kucing dan juga ada sebuah lorong kecil yang terhubung langsung menuju rumah melewati jendela. Jika kucing-kucing kita malas atau bosan berdiam dirumah, mereka bisa pergi keluar menuju tempat bermain ini.

  1. Kandang kucing dari kawat model lorong

Desain ini sangat cocok dibuatkan untuk kucing yang sangat aktif. Jika kandang kucing pada umumnya berbentuk kotak saja, maka kandang ini mencoba membawakan ide baru agar kucing tidak bosan hanya berdiam didalam kandang.

  1. Kandang kucing dari kayu dan kawat outdoor

Sebuah lubang kecil seukuran tubuh kucing disiapkan dan ternyata menuju kandang putih dari kayu yang sudah di kelilingi kawat besi. Letak kandang ini berada dibelakang rumah yang kebanyakan merupakan ruang yang tak terpakai. Ingat, selalu letakkan bak pasir didalamnya agar kucing tidak buang air di lantai.

  1. Kandang kucing dari kayu bentuk rumah

Dengan ukurannya yang besar, kita bisa saja menempatkan lebih dari dua ekor kucing di dalamnya. Berbahan dasar dari kayu dan berdinding dari jaring kawat baja agar lebih awet. Bagian pintu dibuat berukuran sesuai tinggi kandang agar kita bisa keluar masuk dengan mudah.

  1. Kandang kucing unik dari kayu bentuk kubah

Satu kata untuk desain ini: fantastis! Kandang kucing berbentuk sebuat kubah ini memang pantas kita buatkan untuk kucing kita tersayang. Mengapa tidak? Desiannya yang unik pasti akan membuat teman-teman kita terkesan saat pertama kali melihat.

  1. Kandang kucing dari besi bentuk tenda

Kandang kucing ini bisa kita jadikan pertimbangan jika tidak ingin terlalu repot membuatnya dari bahan kayu atau pipa PVC. Cukup siapkan jaring untuk bagian depannya, besi bulat untuk rangkanya, dan plastik tenda yang dipakai pada umumnya. Kita bisa letakkan kandang ini taman belakang rumah tepat di bawah pohon rindang. Jangan lupa masukkan tempat tidur kucing ke dalamnya.

  1. Kandang kucing dari kawat teralis di teras rumah

Bagian balkon rumah ini di kelilingi dengan kawat baja agar kucing bisa diawasi dengan lebih mudah dan kerangkanya dibuat dari kayu. Bisa dikatakan bahwa desian ini di peruntukkan bagi kucing yang tidak suka di kurung dalam kandang kecil. Oleh karenanya, si pemilik membuatkan sebuah “kandang raksasa” agar ia dan kucingnya bisa tetap bersama dan tidak khawatir kucingnya akan bermain terlalu jauh.

  1. Kandang kucing dari kayu dan kawat outdoor

Sama halnya dengan desain yang kayu lain, bentuknya kebanyakan adalah kotak dengan dinding dari kawat. Untuk kandang kucing diatas, salah satu sisinya dibiarkan berhubungan langsung dnegan jendela rumah sebagai jalan keluar atau masuk pintu seukuran tubuh, supaya kita dapat lebih mudah mengelola bagian dalamnya.

  1. Kandang kucing kecil dari pipa PVC outdoor

Terbuat dari pipa PVC yang disambung sedemikian rupa hingga berbentuk sebuah kotak untuk kandang kucing. Sebagai dindingnya, gunakan jaring dan keliling kotak hingga sebuah bagian tertutupi.

  1. Kandang kucing dari pipa + net outdoor

Rangka utama kandang ini masih terbuat dari pipa PVC namun ukurannya agak lebih besar. Dindingnya pun juga dikelilingi oleh jaring. Kayu dijadikan sebagai dasarnya dan juga untuk tempat istirahat.

Tinggalkan komentar