Hewan yang Bernapas dengan Trakea dan Penjelasannya

Hewan yang Bernapas dengan Trakea dan Penjelasannya. Halo teman rumahhewan.co.id. kali ini admin akan membahas tentang makhluk hidup yang bernafas.

Sebelum kita mencari tau apa saja alat pernafasan pada hewan, alangkah baiknya kita mempelajari dulu apasih alat pernafasan itu. Sistem pernafasan yang terjadi pada makhluk hidup merupakan proses menghirup oksigen dari udara. Kemudian mengeluarkan gas karbon dioksida dan uap air dengan menggunakan alat pernafasan.

Jadi pengertian dari pernafasan adalah suatu kegiatan mengambil udara (inspirasi) dan mengeluarkan udara (ekspirasi) melalui alat pernafasan.

Tahukah kamu bahwa hewan telah di lengkapi sistem alat pernafasan? Dalam alat pernafasan, sistem tersebut memiliki tugas dan fungsi saat hewan sedang bernafas.

Perlu di ketahui alat pernafasan pada makhluk hidup di bagi menjadi beberapa bagian:

Paru

Alat pernafasan hewan menggunakan paru paru, disini ada dua kelompok hewan yang bernafas menggunakan paru paru. Kelompok pertama yaitu mamalia darat yaitu mengambil oksigen melalui hidung kemudian masuk ke pangkal tenggorokan lalu menuju paru paru.

Kemudian kelompok kedua yaitu mamalia air biasanya memiliki ciri hidungnya berkatup, tertutup saat menyelam dan terbuka saat muncul di permukaan air untuk mengambil oksigen.

Makhluk hidup yang bernafas dengan paru paru diantara yaitu manusia, sapi, kerbau, monyet, angsa, buaya, ayam ini yang hidup di darat. Sedangkan yang hidup di laut yaitu dugong, singa laut, paus dan lebih banyak lagi

Insang

Alat pernafasan hewan menggunakan insang. hewan yang bernafas menggunakan insang yaitu ikan. Pada lembaran insang terjadi pertukaran udara karena mengandung pembuluh darah.

Ini hewan yang hidup di air tawar : lele, nila bawal

Hidup di air asin: ikan hiu ikan salmon, ikan tongkol, udang, lobster, kepiting

Stomata

Hanya tumbuhan

Trakea

Alat pernafasan hewan menggunakan trakea. Biasanya hewan yang bernafas menggunakan trakea adalah sejenis serangga. Beberapa contoh serangga yang bernafas menggunakan trakea yaitu kupu kupu , belalang, ada capung, jangkrik, ada kecoa, ada lebah madu , semut, rayap, kutu.

Trakea sendiri memiliki pengertian pembuluh pembuluh halus bercabang yang memenuhi seluruh tubuh dan bermuara pada stigma. Stigma sendiri memiliki pengertian yaitu lubang di sisi tubuh kanan dan kiri sebagai jalan keluar masuknya udara. Dan oksigen ini diedarkan melalui sistem trakea.

Kulit

Alat pernafasan hewan yang menggunakan kulit adalah cacing tanah. Di bawah permukaan kulit terdapat kapiler – kapiler darah dimana oksigen berdifusi masuk ke dalam kulit dan diedarkan oleh sistem peredaran darah. Diantaranya Cacing tanah, lintah, axolotl, caecilian, triton, bulu babi, timun laut, afiura mirip bintang laut.

Cukup sekian semoga bermanfaat, silahkan share ke media sosial kalian.

Tinggalkan komentar