Desain Kandang Kucing

Rumahhewan.co.id – Menentukan desain kandang kucing bagus dan nyaman memang penting dikalangan cat lovers. Sebab kandang menjadi kebutuhan primer hewan menggemaskan ini. Di sana tempatnya untuk menghabiskan banyak waktu untuk makan, tidur, bermain, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, di pasaran banyak yang menyediakan kandang kucing siap pakai. Namun untuk beberapa pecinta kucing, mungkin termasuk kamu, membuatnya sendiri akan terasa menyenangkan.

Kamu bebas menentukan konsep impian dan biayanya pun lebih hemat. Belum terbayang seperti apa desainnya? Yuk, intip contekan desain-desain kandang di bawah ini.

Contoh Desain Kandang Kucing

Berikut beberapa referensi desain rumah kucing dengan berbagai macam material. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Silahkan pilih yang paling bisa membuat kucing merasa nyaman.

1. Dari Bahan Kayu

Kayu menjadi salah satu bahan paling sering digunakan sebagai kandang kucing. Alasannya karena mudah dibentuk, didapatkan, dan berharga terjangkau. Bahkan, anda bisa menggunakan kayu-kayu sisa. Namun kelemahannya, berjamur dan lapuk membuat masa pakai yang terbuat dari kayu lebih singkat dibandingkan bahan lainnya.

contoh kandang outdoor
contoh kandang outdoor
desain kandang kucing minimalis

Dengan kayu anda bisa membuat desain kandang kucing dari kayu sederhana, secantik dan senyaman mungkin. Misal, berbentuk miniatur rumah dengan menambahkan tingkat di dalamnya sebagai tempat bermain.

2. Terbuat Dari Bahan Alumunium

Selanjutnya, alumunium juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan kandang. Bahannya ringan dan tidak mudah berkarat. Kucing anda bisa merasa nyaman dan masa pakainya pun lebih lama. Kekurangannya, harga alumunium relatif mahal serta untuk membentuknya menjadi kandang diperlukan keahlian khusus dan berbagai peralatan las.

Ada banyak desain rumah kucing alumunium bisa dibuat. Di antaranya minimalis bertingkat dengan jeruji. Untuk jeruji bagian alas usahakan proporsional, dalam artian tidak membuat kaki kucing terjepit.

3. Menggunakan Bahan Besi

Bahan lain yang juga favorit digunakan adalah besi. Material ini bertekstur kuat, masa pakai awet, dan harganya relatif terjangkau. Namun konsekuensinya, anda harus rajin dan teliti dalam membersihkan. Sebab jika tidak, maka akan menjadi berkarat. Ini tentu tidak nyaman untuk kucing dan kurang cantik dilihat.

Berbicara mengenai kandang kucing dari besi, hampir serupa saat menggunakan alumunium. Selama anda mampu memgoperasikan alat las, ada banyak sekali desain cantik. Mulai dari yang minimalis sampai penuh kreatifitas, seperti menambahkan peralatan bermain. Untuk mengurangi potensi berkarat, lapisi besi dengan kualitas bagus.

4. Terbuat dari Bahan Pipa

Ingin membuat kandang kucing dengan biaya tak terlalu mahal? Gunakan saja material pipa. Selain murah, bahan ini juga cukup tahan lama. Sementara kekurangannya, anda perlu teliti saat proses menyatukan antar pipa. Sebab jika salah, maka akan cepat rusak dan hancur.

Kandang dari pipa bisa jadi cukup unik dan keren. Bentuk pipa menjadi kubus dan padukan dengan kawat-kawat kecil. Bahan dari pipa juga sangat bagus untuk kandang kelinci. Pastikan kawat terpasang rapi agar tidak melukai kucing.  

Tips Membuat Kandang

Sudah memperoleh desain kandang kucing bagus? Sebelum mulai membuat, tak ada salahnya baca terlebih dahulu beberapa tips ini supaya hasilnya optimal. Terlebih bagi cat lovers yang masih pemula dalam membuat kandang.

1. Tentukan konsep

Langkah awal dan wajib dilakukan adalah memilih konsep kandang. Entah itu simple, bertingkat, menambahkan alat bermain, atau lainnya. Terpenting, konsep harus mempertimbangkan kenyamanan si kucing. Anda juga bisa menyesuaikan dengan jenisnya untuk menentukan konsep terbaik. Sebab setiap ras memiliki karakter berbeda.

2. Pilih material

Usai mengantongi konsep, pilih material bahan yang pas. Di atas sudah dijelaskan kelebihan dan kekurangan dari material yang umumnya dijadikan kandang kucing. Jadi, anda mau pakai kayu, alumunium, besi, atau pipa?

3. Sesuaikan ukuran dengan jumlah kucing

Aspek ini seringkali luput dari perhatian cat lovers yang ingin membuat kandang untuk kucing. Padahal, ukuran berpengaruh besar bagi kenyamanan. Apabila jumlahnya satu atau dua ekor saja, maka ukur dengan memperhitungkan berat, panjang, dan tinggi kucing. Lalu sisakan untuk menempatkan wadah makanan, alas tidur, buang air, dan ruang untuk bersantai atau berjalan secukupnya.

Sementara untuk kucing berjumlah banyak, sebagaimana standar CFA (Cat Fanciers Association), ukuran standarnya adalah 4 x 6 m. Selain itu, pastikan pula sirkulasi udaranya baik. Sehingga menghasilkan temperatur udara sekitar 20-25 derajat celcius.

4. Gambar kerangka

Sebagaimana proses pada umumnya, gambar kerangka kandang sedetail mungkin. Anda bisa menggambarnya dikertas maupun secara digital. Selain memudahkan proses pembuatan, juga membantu melihat ada atau tidaknya kekurangan dari desain yang direncanakan.

Nah, itulah contoh desain kandang kucing serta beberapa tips dalam membuatnya. Anda sudah tak sabar untuk segera mempraktekkan? Ya, tanpa buang waktu lagi, segera wujudkan kandang terbaik dan ternyaman untuk kucing kesayangan. Selamat mengerahkan kreatifitas tanpa batas.

Tinggalkan komentar