Desain Kandang Kelinci

Rumahhewan.co.id – Sebelum memelihara, menentukan desain kandang kelinci merupakan hal yang harus dilakukan. Sebab kandang menjadi salah satu kebutuhan bagi hewan imut ini. Maka dari itu kita harus siapkan kandang kelinci terlebih dahulu.

Kelinci merupakan hewan mamalia lucu dan disukai oleh anak-anak. Hewan bertelinga panjang ini memiliki bulu-bulu halus di seluruh tubuhnya yang menggemaskan. Banyak anak kecil yang terpikat dan ingin memelihara hewan ini di rumah. Bila ingin memeliharanya, Anda juga harus bersiap untuk membuatkan rumah atau kandang untuk tempat tinggalnya.

Jangan biarkan kelinci tinggal di dalam rumah karena bulu-bulunya dapat menempel di setiap sudut dan berbahaya. Namun juga jangan biarkan dia tinggal di luar rumah tanpa kandang yang menaungi. Berikut ini ada beberapa desain kandang kelinci.

Syarat Pembuatan Kandang Kelinci yang Baik

Kandang kelinci tidak harus mahal atau mewah. Selama bahan yang digunakan cukup baik, maka bisa bertahan lama dengan perawatan tepat. Desain kandang kelinci yang baik berikut ini terbuat dari bahan yang bisa didapatkan dengan mudah di sekitar Anda. Bahan-bahannya juga mungkin bisa ditemukan dari perkakas-perkakas yang ada di gudang. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan sisa pembangunan dan lain sebagainya.

Sebelum membahas bentuk kandang kelinci lebih jauh, Anda harus memahami syarat apa saja yang diperlukan. Rumah kelinci tidak berbeda dengan rumah hewan peliharaan lainnya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu :

  • Cukup Udara dan Sinar Matahari

Kandang yang baik adalah yang memberikan cukup sirkulasi udara dan sinar matahari. Udara akan mengurangi kelembapan di sekitar kandang. Kandang yang lembab akan menjadi sarang penyakit, kuman dan bakteri. Oleh sebab itu, pastikan desain kandang kelinci yang baik memiliki saluran udara dan jendela yang cukup.

  • Kuat dan Kokoh

Kelinci merupakan hewan yang cukup aktif. Hewan ini bergerak ke sana kemari meskipun berada di dalam kandang. Oleh sebab itu, Anda harus membuatkan rumah kuat dan kokoh supaya tidak mudah rusak atau roboh.

  • Terhindar dari Angin dan Hujan

Anda juga harus mengantisipasi kemungkinan terjadi hujan atau angin kencang. Pastikan kelinci tidak akan kebasahan ketika turun hujan. Anda juga bisa menutupnya dengan terpal atau plastik jika dirasa akan turun hujan.

  • Mudah Dibersihkan

Jangan membuat rumah kelinci rumit sehingga sulit dibersihkan. Kelinci akan membuang kotoran di sudut-sudut yang susah terjangkau. Anda akan kesulitan untuk membersihkannya.

  • Aman dari Predator

Jangan lupa untuk menciptakan kondisi aman dari gangguan dan serbuan predator. Dalam hal ini faktor keamanan sangat penting. Kandang harus mampu melindungi kelinci dari serbuan hewan lain seperti ular, kalajengking, tikus dan semut.

Baca juga: Cara memelihara marmut

Contoh Desain Kandang Kelinci

Setelah mengetahui syarat pembuatannya, berikut ini adalah beberapa model untuk membuat kandang kelinci dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui. Diantaranya adalah :

1. Kandang Bambu Bertingkat

Kandang kelinci dari bambu

Bambu adalah sejenis kayu yang masih sangat mudah ditemui. Kayu yang satu ini sangat kuat untuk dijadikan bahan pembuatan kandang. Ada banyak desain yang bisa dibuat dari bahan ini. Desain kandang kelinci bertingkat merupakan jenis paling umum dibikin.

Kandang bertingkat biasanya digunakan untuk memelihara kelinci lebih dari satu. Model ini tidak memakan banyak tempat karena ruang-ruangnya bertingkat ke atas.

Seperti halnya rumah bertingkat, jangan lupa untuk meletakkan jendela dan pintu yang cukup supaya kelinci mudah bergerak. Selain itu, berikan jarak antara lantainya. Jarak ini akan digunakan untuk tempat kotoran sehingga Anda mudah membersihkannya.

2. Kandang Bahan Kawat

Kandang dengan bahan kawat juga sering kita temui. Bahkan beberapa diantaranya yang dijual di toko hewan peliharaan juga mayoritas menggunakan bahan kawat. Bahan kawat memang paling ideal karena tidak menutup secara keseluruhan. Anda bisa tetap melihat dan memandangi kelinci secara sepenuhnya.

Bentuk dan desain rangka kandang kelinci berbahan kawat biasanya tidak banyak model. Hanya berbentuk kubus atau balok dengan alas dan penutup. Kalaupun ada model lainnya, akan dibutuhkan tambahan bahan lain seperti kayu atau bambu. Anda juga bisa mengolaborasikan bahan bambu dan kawat dengan menciptakan seperti arena bermain anak. Ada ruangan untuk tidur, bermain dan makan.

3. Kandang Dari Kardus

Bahan satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai kandang kelinci. Hanya saja, bahan kardus tidak bisa digunakan untuk alas dan penutup. Bagian alas bisa digantikan dengan bahan kayu atau kawat karena kelinci akan buang air di atasnya. Kardus akan mudah rusak jika terkena cairan.

Anda bisa membentuk kardus dengan bentuk sedemikian rupa. Bahan ini sangat mudah dibentuk dan diproses. Pastikan untuk memperhatikan sirkulasi udara dan cahaya matahari supaya kelinci tetap sehat.

Desain kandang kelinci sebenarnya tidak terpaku pada satu bentuk saja. Anda bisa berkreasi sesuka hati dalam menciptakan ruangan untuk hewan menggemaskan ini. Jangan lupa untuk membuat tempat meletakkan makanan dan air yang mudah dijangkau dan diganti. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar