Desain Kandang Hamster

Rumahhewan.co.id – Anda sedang mencari desain kandang hamster? Ya, menentukan bentuk tempat tinggal untuk hewan imut ini memang tak boleh sembarangan. Sebab jika salah akan menyebabkan hamster tidak nyaman, jenuh, dan pada akhirnya jatuh sakit.

Pada dasarnya, saat ini di pasaran banyak sekali dijual kandang hamster. Namun, biasanya desain yang ditawarkan monoton. Maka dari itu, kali ini rumahhewan.co.id akan membagikan beberapa desain cantik dengan penataan nyaman. Anda bisa gunakan untuk membuat ataupun memodifikasi kandang.

Inspirasi Desain Kandang Hamster Buatan Sendiri

Di bawah ini adalah desain kandang hamster yang dikelompokkan berdasarkan materialnya. Kemudian dipaparkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing. Sehingga anda dapat mempertimbangkan desain mana dan bahan apa yang paling pas.

1. Terbuat dari Bahan kawat

Kawat menjadi material paling sering digunakan sebagai kandang. Sebab harganya ekonomis, ringan, ventilasi udara baik, dan mudah sekali dibentuk. Anda bisa merancang berbagai macam gaya kandang hamster buatan sendiri dengan material satu ini.

kandang hamster dari kawat
Kandang hamster dari kawat dan kaca
Kandang hamster kawat

Umumnya, kawat dirakit layaknya jeruji dan dipadukan dengan plastik di bagian bawahnya. Supaya lebih menarik dan tidak mudah berkarat, lapisi kawat dengan cat kualitas terbaik. Adapun kekurangan adalah potensi hamster tersangkut lalu terluka, apabila kurang rapi dalam menyusunnya.

2. Menggunakan Bahan kaca

Material lain yang dapat digunakan sebagai kandang hamster adalah kaca. Kelebihannya, kaca bersifat tahan lama, mengurangi resiko hamster terluka, dan bisa lebih jelas untuk mengawasi.

Seperti apa desain kandang hamster aquarium kaca? Ide sederhananya bisa dibuat berbentuk akuarium. Supaya lebih menarik, tambahkan beberapa mainan roda, tingkat, atau lainnya.

desain kandang hamster kaca
desain kandang hamster kaca
Kandang hamster dari kaca
Desain kandang hamster dari kaca
Desain kandang hamster unik dari kaca

Sementara kekurangannya, kandang ini sulit untuk di bawa kemana-mana, ventilasi udaranya kurang baik, dan tampilannya sederhana.

  • Terbuat dari Material plastik

Saat ini kandang hamster berbahan plastik mulai banyak penggemarnya. Tak heran jika di pasaran mudah sekali ditemui kandang jenis ini. Dari segi keunggulan, harganya memang ekonomis, terkadang sudah paket lengkap, banyak variasi bentuk, dan ringan di bawa ke manapun.

Kandang hamster dari bahan plastik
Kandang hamster dari bahan plastik
Desain kandang hamster unik

Anda tinggal pakai saja, tanpa repot memikirkan desain kandang hamster. Namun, bagi anda yang artistik, hal ini mungkin justru menjadi kekurangan, karena tidak dapat mengeskplor kreatifitas.

Aspek Penting Saat Membuat Kandang Hamster

Sebelum merancang desain kandang hamster, sebaiknya perhatikan hal-hal penting berikut. Sebab tak hanya menarik, tempat untuk binatang satu ini juga harus memenuhi standar keamanan dan kenyamanan.

  • Ukuran

Hamster merupakan tipe hewan lincah dan terbiasa hidup di alam bebas. Supaya tidak stres, perlu dibuatkan kandang seluas mungkin. Ukurannya minimal sekitar 30x30x30 cm untuk satu ekor hamster.

Jika jumlahnya lebih dari satu, anda tinggal membuat dua kali lipat, tiga kali lipat, dan seterusnya. Dengan begitu, insting alaminya tetap terjaga dan dapat tumbuh dengan baik.

  • Alas

Banyak pemelihara pemula tidak tahu pentingnya aspek ini. Saat membuat desain rumah kandang hamster, pastikan memakai alas yang benar untuk menjaga temperaturnya. Sebab, habitat asli hamster rata-rata bersuhu cukup panas, yakni antara 18-26 derajat celcius.

Caranya adalah dengan menambahkan serbuk kayu atau pasir Zeolite pada alas kandangnya. Selain menghangatkan, ini juga membuatnya lebih nyaman saat tidur.

  • Bentuk Rancangan

Anda bebas menciptakan desain sekreatif mungkin. Namun paling penting, pastikan bahwa bentuknya tertutup rapat. Gunanya adalah mencegahnya keluar dan melindunginya dari pemangsa, seperti tikus, anjing, atau lainnya.

Apabila anda menggunakan kandang kawat, maka saat malam hari selimuti dengan kain. Meski begitu, jangan lupa untuk tetap memberinya ventilasi udara.

  • Ventilasi udara kandang

Sebagaimana hewan peliharaan lainnya, kandang hamster juga memiliki ventilasi yang baik. Sebab jika tidak, akan terjadi penumpukan aroma amonia sehingga berbahaya bagi hamster. Selain itu, bakteri pun berkembang dengan pesat pada kandang yang sirkulasi udaranya kurang baik.

  • Tempat makan dan minum

Makan dan minum tentu menjadi hal wajib bagi hewan pengerat ini. Maka dari itu, saat merencanakan desain kandang hamster, anda juga perlu memikirkan bentuk tempat makan dan minumnya.

Usahakan ukurannya cukup lebar atau besar, sehingga tidak tumpah dan mengotori kandang. Adanya tempat ini juga memudahkan hamster untuk mengontrol saat lapar dan haus.

  • Aksesoris

Apek penting lainnya ketika merancang desain rumah kandang hamster adalah membuatkan aksesoris tambahan. Seperti tingkat, roda, atau mainan lainnya.

Perlu diketahui, hamster merupakan hewan mudah jenuh dan ini dapat mempengaruhi kesehatannya. Adanya aneka aksesoris tambahan ini berguna untuk tempatnya memanjat dan tetap aktif bergerak.

Jadi, diantara desain kandang hamster di atas manakah pilihan anda? Silahkan bereksplorasi untuk menciptakan kandang cantik, aman, serta nyaman.

Bila perlu, gambar dulu kerangkanya supaya lebih mudah. Dan jika sudah jadi nanti, jangan lupa untuk membersihkan kandang setidaknya dua kali dalam seminggu. Kemudian untuk kesehatannya, beri dia makanan bernutrisi seimbang. Selamat mencoba, ya.

Tinggalkan komentar