Cara Merawat Bunglon Chameleon

Rumahhewan.co.id – Mempunyai hewan peliharaan tentu saja membutuhkan perawatan dan perhatian yang khusus, apalagi merawat dan memelihara jenis binatang melata. Salah satunya adalah cara merawat Bunglon Chameleon yang masih belum banyak dimengerti. 

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa hewan melata seperti bunglon adalah binatang yang kurang umum menjadi hewan peliharaan. namun hal tersebut tentu saja tidak berlalu oleh penggemar reptil. 

Memelihara Bunglon

Bunglon chameleon by pixabay.com

Bunglon sendiri merupakan binatang eksotis dan unik. Bahkan di pasaran harga bunglon lumayan cukup tinggi. Hal yang menarik dari bunglon adalah cara beradaptasi di lingkungannya. Bunglon menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan cara mengubah warna kulitnya atau disebut mimikri. 

Bunglon dapat berubah warna sesuai dengan warna yang tempat atau lingkungan yang ditempatinya untuk melindungi dirinya saat merasa terancam. Selain itu juga disaat merasa marah, takut, atau stress. 

Jenis bunglon yang biasa menjadi binatang peliharaan adalah bunglon import atau bunglon yang berasal dari luar Indonesia karena terdiri dari berbagai jenis dan harga. Sedangkan yang menarik dari Bunglon Chameleon adalah mempunyai sel khusus dengan pigmen di dalamnya bernama kromatofora. 

Cara Merawat Bunglon Chameleon 

Bukan hanya sekedar menjadi hewan peliharaan. bunglon harus dirawat agar keunikan , kesehatan, dan penampilannya tetap terjaga. Karena sesungguhnya bunglon dapat bernilai sangat tinggi. Berikut ini cara merawat Bunglon Chameleon yang baik antara lain:

  1. Memilih jenis

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis Bunglon Chameleon. Bunglon Chameleon sendiri terdiri dari berbagai jenis seperti Bunglon Yaman dan Bunglon Panther. Maka kamu juga harus tahu jenis serta karakter masing-masing bunglon. Setiap jenis bunglon tentu saja mempunyai karakter yang berbeda-beda. Salah satu cara mengetahuinya adalah memperhatikan bunglon saat sedang diberi makan. 

  1. Kandang
kandang bunglon

Bunglon Chameleon termasuk binatang yang banyak mengalami pertumbuhan. Maka tempat tinggal atau ukuran kandangnya sebaiknya disiapkan dengan ukuran yang besar. selain itu untuk menjaga kenyamanannya kamu bisa memberikan pepohonan atau batang tumbuhan berupa imitasi agar bunglon merasa seperti berada di habitatnya. 

  1. Makanan 

Bunglon biasanya memakan jangkrik dari hasil budidaya seperti gut loaded. Jangkrik budidaya lebih baik karena diberi pakan bergizi. Untuk bunglon yang mengkonsumsi jangkrik budidaya tentu saja dapat memenuhi kebutuhan gizi dan kalsiumnya. Selain itu kamu juga bisa memberi makan hewan kecil seperti lalat, belalang, ngengat, dan lain sebagainya. 

  1. Minuman 

Ciri bunglon sedang haus adalah menjilat benda-benda di sekitarnya yang berkilauan. Untuk memberi bunglon minum dapat dilakukan dengan cara memercikkan air atau menyemprotkan air ke daun sehingga dapat dijilat oleh bunglon. Namun cara yang paling mudah adalah kamu bisa mengajari bunglon untuk dapat minum dari botol. 

  1. Kebersihan 

Selain makanan dan minuman, kebersihan kandang bunglon juga tidak boleh dilupakan. Hal ini tentu saja untuk menghindari adanya parasit atau bakteri di dalam kandang yang dapat mempengaruhi kesehatan bunglon.

Kamu dapat melakukan perawatan Bunglon Chameleon dengan membersihkan atau menyemprotkan kandang menggunakan larutan pembersih. Namun sebelumnya bunglon harus dikeluarkan terlebih dahulu agar tidak merasa terganggu. Kandang harus dibersihkan secara rutin setiap hari atau beberapa hari sekali. 

Kalian juga harus baca ini, cara pelihara bunglon semua jenis

Demikianlah cara merawat bunglon chameleon yang bisa kamu lakukan di rumah dengan mudah. Selain itu bunglon harus mendapatkan perhatian, perlakukan yang baik, hingga memenuhi asupan nutrisinya agar kesehatannya tetap terjaga. 

Tinggalkan komentar