Cara Efektif Mengobati Kucing Flu

Rumahhewan.co.id – Memiliki hewan peliharaan seperti kucing mengharuskan kita memiliki berbagai kemampuan dan pengetahuan, bukan hanya pengetahuan tentang cara merawat melainkan juga pengetahuan tentang cara mengobati, misalnya seperti cara mengobati kucing flu.

Sebagaimana halnya manusia, kucing juga bisa terkena penyakit flu. Biasanya yang menyebabkan kucing flu itu adalah daya tahan tubuh kucing yang menurun sehingga memudahkan virus dan bakteri menjangkiti kucing tersebut.

Faktor cuaca juga berpengaruh terhadap kesehatan kucing. Jika kamu melihat kucing kamu sedang flu jangan kamu biarkan saja ya, karena dampaknya bisa berbahaya bagi kucing kamu, dan bisa berdampak juga bagi kesehatan kamu.  Untuk itu kali ini Rumahhewan.co.id membagikan info buat kamu cara mengobati kucing flu paling efektif. 

1. Bersihkan Seluruh Tubuh Kucing

Hal pertama yang perlu kamu lakukan tentang cara mengobati kucing flu adalah dengan membersihkan sekujur tubuh kucing terlebih dahulu. Membersihkan kucing tidak sama halnya dengan memandikan ya. Jangan pernah kamu mandikan kucing saat kucing sedang flu karena memandikan kucing akan memperparah keadaan kucing kamu.

Oleh karena itu bersihkanlah kucing dengan cara lain, misalnya seperti mengelap sekujur tubuh kucing dengan air hangat. Dengan cara itu, kuman atau bakteri yang melekat pada bulu kucing dapat dibersihkan dan tidak berbahaya bagi si kucing.

Bagian yang paling penting kamu bersihkan adalah bagian kepala serta mulut dan hidung kucing. Karena area tersebut biasanya banyak terdapat bakteri. 

2. Berikan Madu Pada Kucing yang Terkena Flu

Madu

Madu memiliki banyak manfaat bukan hanya bagi manusia melainkan juga untuk hewan. Saat kucing kamu terkena flu berikanlah satu sendok madu untuk mengobati flunya. Madu dinilai efektif mengatasi flu karena madu mengandung vitamin dan antioksidan yang penting bagi tubuh manusia dan hewan.

Madu merupakan antibiotik alami yang memiliki kandungan vitamin C, K, E, D, dan B kompleks. Oleh karena itu madu sangat efektif untuk mengobati penyakit flu pada kucing kamu. Kamu dapat memberikan langsung madu tersebut pada kucing kamu atau mencampurnya dengan makanan lain atau minuman kucing. Agar penyembuhannya cepat dan maksimal berikan madu 4 jam sekali kepada kucing.

3. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Jemur kucing di bawah matahari

Saat pagi hari jemur lah kucing kamu di bawah sinar matahari langsung kurang lebih 10-15 menit. Saat matahari terik pun boleh menjemur kucing asalkan tidak dibiarkan terlalu lama, cukup 1 sampai 2 menit saja. Menjemur kucing dapat membunuh bakteri atau virus yang melekat pada tubuh dan bulu kucing.

Selain itu sinar matahari juga dapat menjaga pertumbuhan bulu kucing sekaligus memperindah bulu tersebut. Sinar matahari bukan hanya memproduksi vitamin D pada kulit manusia melainkan pada hewan juga. Untuk itu seringlah jemur kucing kesayangan kamu pada pagi hari untuk kesehatan dan daya tahan tubuhnya. 

4. Suntikkan Vaksin pada Kucing

Penyebab mudahnya kucing terkena flu biasanya karena kucing tersebut belum disuntik vaksin. Vaksin sangat berguna untuk menjaga kekebalan tubuh makhluk hidup, baik manusia maupun hewan seperti kucing.

Bawalah kucing kamu ke dokter hewan agar disuntikkan vaksin, agar kucing kamu lebih kuat terhadap serangan berbagai infeksi dan penyakit. Selain itu perlu juga dilakukan kontrol setiap tahun apakah sudah saatnya melakukan suntik vaksin atau belum. Vaksin akan membuat kucing kamu lebih sehat dan tak mudah terkena penyakit. 

 5. Tempatkan Kucing pada Area Khusus dan Bersih

Saat kucing kamu terkena flu, tempatkan lah kucing tersebut pada area khusus agar mudah dikontrol dan penyembuhannya juga dapat berlangsung lebih cepat dan mudah. Taruh kucing di suatu tempat yang bersih dan nyaman bagi kucing.

Hindari interaksi kucing dengan hewan lainnya, dan hindari terkena hujan dan angin malam. Hal tersebut akan membuat kucing kamu lebih cepat pulih. Selain itu kamu perlu memberikan makanan yang mengandung nutrisi tinggi untuk kucing agar proses penyembuhannya berlangsung lebih cepat.

Jika dirasa masih kurang, kamu juga dapat memberikan vitamin tambahan kepada kucing kamu. Vitamin tersebut akan berguna untuk kekebalan tubuh kucing sekaligus untuk pengobatannya. Itulah beberapa tips tentang cara mengobati kucing flu yang dapat kamu lakukan dengan mudah.  

Sering Ditanyakan

Tinggalkan komentar