Cara Mengawinkan Marmut

Rumahhewan.co.id – Pernahkah kamu terpikirkan untuk melakukan budidaya marmut? Marmut adalah salah satu jenis hewan pengerat yang imut dan lucu. Jika kamu ingin membudidayakan marmut, kamu harus siap dengan segala resiko yang akan kamu hadapi kedepannya, terutama bagi betina yang akan mengandung anak-anak marmut. Kamu juga harus mengetahui bagaimana cara mengawinkan marmut yang baik dan benar agar didapatkan keturunan yang sehat dan tidak cacat. 

Untuk cara mengawinkan marmut (guinea pigs) tidak sesulit yang kamu bayangkan kok. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan pengembangbiakkan marmut guinea pig. 

Usia

Seekor marmut sudah bisa dikatakan dewasa apabila ia sudah mencapai usia empat bulan. Pada usia ini, baik marmut jantan maupun marmut betina sudah memiliki organ reproduksi yang matang. Marmut betina juga sudah dianggap siap untuk mengandung banyak anak-anak marmut.

Ras Marmut

Untuk mendapatkan keturunan marmut yang sehat dan tidak cacat, kamu harus memilih ras marmut yang sejenis. Namun, apabila kamu ingin menghilangkan ras asli dari marmut yang kamu miliki, kamu bisa mencari tahu mengenai cara menjodohkan marmut berbeda ras.

Tetapi, satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam mengawinkan marmut beda jenis bisa jadi menyebabkan kelainan genetik pada keturunan marmut yang dikembangbiakkan dan membuat anak-anak marmut tidak mampu bertahan (lemah).

Periksakan kesehatan 

Sebelum melakukan perkawinan antara marmut guinea pig yang jantan dengan marmut guinea pig yang betina, ada baiknya jika kamu memeriksakan kesehatan kedua marmut yang kan kamu kawinkan ke dokter hewan, untuk mengetahui apakah kedua marmut yang ingin kamu kawinkan tersebut dalam keadaan sehat dan baik-baik saja atau tidak.

Marmut yang sehat dan bersih juga jelas bebas dari kutu-kutu yang ada di bulu-bulunya, oleh karena itu, peranan dari dokter hewan di sini juga mengecek keadaan tubuh marmut apakah ada kutu atau tidak. Hal ini dikarenakan keberadaan kutu dapat mempengaruhi kondisi kelahiran anak-anak marmut.

Cara mengawinkan marmut

Setelah memperhatikan usia marmut guinea pig yang ingin dikawinkan, selanjutnya adalah tahapan pengembangbiakkan marmut.

  • Meletakkan jantan dan betina dalam satu kandang.

    Kamu hanya perlu menempatkan dua marmut, tentu saja yang jantan dan betina di kotak yang sama, lalu biarkan mereka di sana selama beberapa hari, maka mereka akan kawin dengan sendirinya.
  • Biarkan saling mengenal (2-7 hari).

    Bagi marmut-marmut yang akan kamu kawinkan, mereka perlu waktu untuk mengenal satu sama lain, maka jangan heran jika di awal-awal kamu menempatkan mereka di kotak yang sama, mereka malah saling menyerang. Tetapi itu adalah hal yang wajar. Setelah dua hingga tiga hari kedepan, pasangan marmut guinea pig tersebut akan kawin dan si betina akan mengandung selama 55 hingga 60 hari. 
  • Memberikan nutrisi cukup untuk betina.

    Selain itu, kondisi dari marmut betina setelah melahirkan juga masih sangat lemah dan rentan sekali kondisi kesehatannya. Memberikan asupan nutrisi yang baik kepada marmut betina akan mempercepat proses penyembuhan si marmut pasca melahirkan. 

Untuk mengawinkan marmut jenis ras biasa tidak berbeda jauh dari marmut guinea pig. Yang penting, setelah kamu berhasil mengembangbiakkan marmut yang kamu miliki, kamu harus bertanggung jawab untuk merawat keluarga marmut kamu yang baru. Jangan membiarkan anak-anak marmut yang baru lahir mati begitu saja tanpa adanya penanganan yang tepat dari kamu.

Pasca pengembangbiakkan

Untuk merawat keluarga marmut yang baru, kamu memerlukan kandang yang besar untuk menampung marmut-marmut mu. Selain itu, kamu harus mempersiapkan alas kandang berupa jerami. Jika anak-anak marmut yang dilahirkan cukup banyak, maka kamu membutuhkan jerami yang tidak sedikit.

Di kandang yang baru, alangkah baiknya jika kamu memberikan beberapa mainan atau lubang persembunyian sebagai ajang permainan marmut-marmutmu nantinya. Kamu bisa memberikan pelet dan air minum yang cukup agar marmut yang kamu kembangbiakkan tetap sehat dan bugar.

Jangan lupa untuk membersihkan kandang marmut setiap hari agar marmut-marmut terhindar dari bakteri atau infeksi virus yang bisa saja menyerang marmut kapanpun dan dimanapun. 

Bosen dirumah saja? Memelihara marmut saja yuk, berikut artikelnya: cara memelihara marmut dirumah

Jadi, bagaimana? Sudah siapkah kamu untuk membudidayakan marmut setelah membaca cara mengawinkan marmut pada paragraf di atas?

Tinggalkan komentar