Cara Memotong Kuku Kucing

Rumahhewan.co.id – Banyak hal yang perlu dipahami saat merawat kucing, salah satunya adalah cara memotong kuku kucing. Banyak orang berpendapat bahwa memotong kuku kucing tidak perlu, karena kucing memiliki cara tersendiri untuk melepaskan atau menghilangkan lapisan kulit kukunya yang sudah tua. 

Memang pendapat tersebut tidaklah salah, namun jika kuku kucing tidak dipotong akan menimbulkan banyak masalah. Kucing melepaskan lapisan kulit kukunya dengan cara mencakar benda benda keras seperti kayu, batu dan yang lainnya.

Jika kucing ditempatkan di dalam rumah, kucing tersebut bisa saja mencakar perabotan rumah kamu. Kan sangat disayangkan perabotan yang bagus jadinya rusak akibat dicakar kucing kesayangan. Untuk itu kamu perlu memotong kuku kucing kamu dengan cara berikut. 

1. Sediakan Gunting Kuku Khusus Hewan

Gunting kuku kucing

Menggunting kuku kucing tidak bisa dilakukan dengan menggunakan gunting sembarangan atau gunting kuku manusia, karena kuku kucing membutuhkan gunting khusus perawatan hewan untuk memotongnya.

Gunting kuku manusia tidak akan sanggup memotong kuku kucing yang keras, dan jika gunting lain digunakan untuk memotong kuku kucing dapat menyebabkan kuku kucing rusak, dan pertumbuhan kukunya nantinya tidak rapi.

Untuk itu kamu perlu menyiapkan gunting kuku khusus kucing yang bisa kamu peroleh dari toko khusus hewan peliharaan. Jika sudah ada, barulah kamu bisa memotong kuku kucing kamu. 

Kalaupun tidak punya gunting kuku kucing, bisa pakai gunting kuku manusia yang ukuran besar. Jika ukuran kecil agak kesusahan motongnya.

2. Tenangkan Kucing Terlebih Dahulu

Cara potong kuku kucing

Saat kamu hendak memotong kuku kucing, kamu terlebih dahulu harus membuat kucing tersebut tenang dan bersandar senyaman mungkin. Kamu dapat menenangkannya dengan cara memangku kucing tersebut sekaligus membelainya hingga ia merasa tenang dan nyaman.

Kucing yang tenang akan mempermudah proses menggunting kukunya.  Kucing yang belum terbiasa dipotong kukunya akan sulit dikendalikan. Oleh karena itu kamu perlu menjaga kucing agar si kucing tidak lari saat kukunya dipotong.

Sebisa mungkin minta bantuan orang lain untuk memegang kucing dan menjaga kucing tetap diam saat proses pemotongan kuku berlangsung. Kucing yang sudah terbiasa kukunya dipotong akan lebih mudah memotong kukunya. 

3. Tekan Bantalan Kaki Kucing Agar Mudah Memotongnya

Saat memotong kuku kucing, kamu harus menggenggam lembut kaki kucing tersebut dan tekan bantalan kakinya agar kuku kucing timbul secara utuh keluar. Hal tersebut akan memudahkan kamu memotongnya.  

Kamu dapat menekan bantalan kaki kucing dengan menggunakan jempol dan jari telunjuk kamu. Menekannya tak perlu dilakukan dengan keras ya. Tekan lah dengan pelan dan lembut agar si kucing tetap merasa nyaman.  

4. Potong Secara Vertikal dari Atas ke Bawah

Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah posisi dan cara memotong kuku kucing tersebut. Jangan potong kuku kucing dengan cara menyamping, melainkan harus dipotong secara vertikal, yakni dari atas ke bawah.

Setelah kamu menekan bantalan kaki kucing, dan kuku kucing keluar, potong kuku tersebut dari atas ke bawah dengan perlahan. Jika memotong dari samping dapat menyebabkan kuku kucing pecah dan membuat pertumbuhan dan tampilannya tidak teratur. Oleh karena itu kamu harus memotongnya dengan posisi yang benar ya. 

Baca juga: Desain kandang kucing

5. Potong Bagian Kuku yang Tipis Saja

Kamu harus memperhatikan bagian bagian yang terdapat pada kuku kucing. Pada kuku kucing terdapat bagian ‘quick’ yang berwarna merah mudah dan terletak pada bagian tengah kuku kucing. Bagian tersebut harus kamu hindari karena terdapat pembuluh saraf dan saraf kucing.

Jika kamu memotongnya, kucing kamu akan kesakitan dan dapat mengakibatkan pendarahan pada kaki kucing. Oleh karena itu kamu harus berhati hati saat memotongnya.

Potonglah bagian kuku kucing yang tipis dan runcing saja.  Dan lakukan pemotongan kuku satu persatu ya. Jangan dipotong sekaligus. Biar hasilnya rapi dan semua kuku terpotong dengan baik. 

Jika cara memotong kuku kucing tersebut kamu terapkan, dapat dipastikan kuku kucing kamu akan terlihat indah dan rapi. Sebisa mungkin potong kuku kucing kamu maksimal satu bulan sekali.

Lebih baiknya sih dua minggu sekali, karena kuku kucing akan kembali runcing dalam rentang waktu 2 minggu. Jadi rajin-rajin gunting kuku kucing kamu ya. 

Tinggalkan komentar