Cara Memelihara Marmut di Rumah

Rumahhewan.co.id – Marmut merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang cukup banyak diminati masyarakat. Cara memelihara marmut di rumah juga terbilang mudah, dengan biaya pemeliharaan yang cukup murah, karena makanan marmut hanya sayur-sayuran saja.

Beberapa masyarakat Indonesia bahkan percaya jika memelihara marmut dapat melancarkan rezeki. Namun ini hanya kepercayaan sebagian orang saja. Anda boleh percaya, boleh tidak. Jika Anda tertarik untuk memelihara marmut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak ulasan berikut ini tentang cara memelihara marmut bagi pemula.

8 Cara Memelihara Marmut di Rumah

  • Membuat Marmut Menjadi Jinak

Marmut termasuk ke dalam golongan hewan jinak dan merupakan salah satu pilihan hewan peliharaan yang ramah anak. Untuk menjinakkan marmut tidak memerlukan cara khusus. Marmut akan melakukan penyesuaian dengan lingkungan baru dengan sendirinya.

Marmut termasuk hewan yang sensitif terhadap suara keras, sehingga ketika Anda ingin mengajaknya bermain sebaiknya gunakan suara yang lembut dan sentuhan yang perlahan. Meski cakarnya tidak terlalu tajam, namun suara keras yang mengagetkan, tidak menutup kemungkinan bagi marmut untuk mencakar permukaan kulit Anda. 

Anda bisa memberikan pancingan dengan memberi sayuran atau makanan kesukaannya, supaya marmut peliharaan Anda jinak dan penurut. Bermain dengannya pun akan terasa lebih mengasyikkan jika marmut sudah terbiasa dengan Anda.

  • Menyediakan Kandang yang Bersih

Cara memelihara marmut yang benar adalah dengan menyediakan kandang yang bersih bagi marmut-marmut peliharaan Anda. Untuk menjaga kesehatannya, sebaiknya Anda memerhatikan kebersihan kandang dan melakukan pembersihan minimal 2 kali seminggu.

Untuk ukuran kandang, marmut tidak membutuhkan ruang yang besar atau luas. Namun alangkah lebih baik, jika Anda memikirkan kenyamanan marmut peliharaan Anda dengan menyediakan tempat bermain dan olahraga agar marmut leluasa untuk bergerak dan beraktivitas.

Untuk bahan kandang marmut, anda bisa menggunakan lembaran coroplast dan kawat kotak yang berbentuk jaring-jaring. Hindari kandang yang terbuat dari kawat karena bisa melukai badan marmut. Usahakan pula untuk tidak mencampur marmut dengan peliharaan lainnya, karena dikhawatirkan bisa melukai hewan peliharaan lainnya atau marmut itu sendiri.

  • Memilih Tempat yang Sesuai

Seperti makhluk hidup pada umumnya, marmut yang Anda pelihara juga membutuhkan udara dan cahaya matahari yang cukup agar kesehatannya tetap terjaga. Jika Anda memelihara marmut di dalam ruangan, perhatikan suhu ruangan dengan kisaran 22 derajat hingga 24 derajat atau dapat diartikan suhu ruangan tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Untuk memenuhi kebutuhan marmut peliharaan Anda akan asupan cahaya matahari dan udara segar, Anda bisa membawa kandang marmut ke udara terbuka. Tetap awasi marmut-marmut Anda terutama jika Anda juga memelihara hewan lainnya, seperti kucing dan anjing yang rawan memangsa atau melukai marmut.

  • Cukupi Kebutuhan Marmut

Selain membutuhkan kandang yang bersih dan terawat, marmut juga membutuhkan jerami atau sekam sebagai alas untuk tidur, tempat makan, dan tempat minum. Anda juga bisa melengkapi kandang marmut dengan alat bermain seperti seluncuran, tangga kecil, atau roda agar marmut merasa nyaman.

  • Cukupi kebutuhan Air Minum dan Makanan yang Sehat

Untuk menjaga kelangsungan hidup marmut, Anda harus memerhatikan kebutuhan air minum dan asupan makanan yang sehat bagi marmut peliharaan Anda. Sediakan air bersih dan segar untuk kebutuhan air minum marmut dengan cara menyediakan wadah air yang ditempelkan pada kandang. Periksa secara rutin dan berkala untuk menghindari kebocoran pada wadah minumnya.

Untuk makanan, Anda bisa memberi sayuran seperti selada, kangkung, atau makanan selingan yang bisa Anda dapatkan di toko makanan hewan. Selain sayuran, Anda juga bisa memberi potongan buah-buahan segar seperti apel, anggur, melon, dan pir untuk makanan selingan yang sehat dan baik untuk tubuh marmut.

  • Memandikan Marmut Secukupnya

Untuk menjaga kesehatan, yang Anda pikirkan pasti memandikan hewan peliharaan. Namun, jangan salah, sering memandikan marmut justru tidak baik. Sering memandikan marmut justru akan membuat proses perkembangan fisiknya akan terhambat. Anda hanya perlu memandikannya beberapa kali saja selama setahun.

  • Rajin Membersihkan Kotoran

Cara merawat marmut di rumah agar kesehatannya tetap terjaga dan terawat adalah dengan rajin membersihkan kandangnya. Marmut merupakan salah satu hewan peliharaan yang suka kebersihan, maka dari itu Anda bisa melakukan pembersihan terhadap kandang dari kotoran marmut paling tidak dua kali seminggu.

Buanglah sisa makanan dan kotoran. Jangan lupa pula untuk membersihkan tempat makan dan tempat minum agar tetap bersih.

  • Perhatikan Kesehatan Marmut

Rajinlah untuk memotong kuku marmut paling tidak seminggu sekali. Jangan potong terlalu dekat dengan pembuluh darah agar kuku tidak mengeluarkan darah. Jika Anda tidak yakin melakukannya sendiri, Anda bisa membawanya ke dokter hewan.

Kenali juga tanda-tanda penyakit yang bisa saja menyerang tubuh marmut dengan memerhatikan perubahan kecil seperti perubahan nafsu makan. Jika ada tanda-tanda marmut peliharaan Anda sakit, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Cara memelihara marmut di rumah seperti ulasan pada artikel ini sangat mudah untuk Anda terapkan di rumah, bukan? Bagi Anda yang berniat memelihara atau bahkan sudah memilih marmut sebagai hewan peliharaan, Anda bisa mencoba cara-cara di atas. 

Tinggalkan komentar