Cara Memelihara Iguana

Rumahhewan.co.id – Iguana adalah salah satu hewan reptil yang sekarang ini banyak dipilih sebagai hewan peliharaan. Memelihara iguana memiliki aturan makanan tersendiri, kandang juga khusus. Pasalnya, iguana adalah hewan yang bisa tumbuh sangat besar, hidup lebih lama dan cukup kuat. Bahkan, iguana bisa saja lebih agresif kalau tidak dirawat dengan baik.

Memelihara iguana membutuhkan perawatan yang tinggi. Namun bukan berarti, iguana tidak bisa dijadikan hewan peliharaan, hanya saja perawatannya lebih ekstra dibandingkan hewan peliharaan pada umumnya.

Memilih Iguana Untuk Dipelihara

Memilih iguana jangan dianggap sepele, terutama bagi yang baru pertama kali ingin membeli iguana. Berikut ini tips dari pecinta reptil dalam memilih iguana sampai cara merawat iguana.

Bayi iguana
Anakan iguana
  • Disarankan untuk memilih bayi iguana. Ukuran anakan yang berumur kurang dari 1 tahun memiliki panjang kurang lebih 20-30 cm dengan berat 1-1,5 kg.
  • Membeli secara langsung, bukan online. (optional)
  • Perhatikan kulitnya. Untuk bayi iguana hijau cari yang berwarna hijau stabilo tapi cenderung gelap sedikit. Sementara iguana merah biasanya berwarna oranye cenderung merah. Intinya kulitnya tidak pucat.
  • Pilihlah yang gesit geraknya.

Saat masih bayi, kita sangat sulit melihat secara langsung jenis kelaminnya. Biasanya untuk membedakan dilihat dari bentuk kepalanya.

Untuk jantan kepala lebih terlihat bulat jika dari samping dengan jengger dibawah kepala yang lebih lebar ke bawah, sedangkan kepala bayi betina lebih memanjang dengan jengger yang pendek.

Cara Memelihara Iguana Bagi Pemula

Beberapa pendatang baru penyuka hewan reptil tidak tahu bagaimana cara memilih iguana terbaik, berapa lama mereka hidup, makanan apa yang harus diberikan agar tetap sehat dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatannya.

Nah, inilah tips merawat iguana khusus bagi kamu yang baru punya iguana.

Iguana butuh kandang yang besar

Untuk iguana, kandang yang harus disiapkan harus lebih besar. Bahkan, iguana dewasa membutuhkan kandang dua kali lebih besar dibandingkan ukuran tubuhnya.

Iguana
Iguana dewasa

Panjang kandang juga harus lebih banyak dibandingkan tubuhnya. Pecinta iguana menyarankan setidaknya kandang iguana dewasa memiliki panjang 1,8 meter. Lebih tepatnya, minuman kandang yang dianjurkan untuk iguana adalah 1,5 meter persegi.

Pencahayaan khusus

Beberapa spesies iguana memang membutuhkan pencahayaan khusus di kandang mereka, salah satunya iguana hijau. Pasalnya, iguana bisa stress dan akhirnya mati. Dalam pencayahaan juga harus diperhatikan.

Faktanya, setiap tahunnya ada ratusan iguana yang mati hanya karena kekurangan cahaya. Iguana sendiri merupakan hewan tropikal yang sepanjang hari memang berada di bawah sinar matahari.

Bahkan, iguana hijau membutuhkan lebih banyak sinar UVB dibandingkan reptil lainnya. Jika memang kamu ingin memelihara iguana, wajib hukumnya untuk mengetahui hal ini.

Kebutuhan cahaya pada iguana sendiri digunakan agar tubuh iguana mudah menyerap nutrisi dan vitamin dari makanannya. Meletakkan di bawah sinar matahari langsung menjadi pilihan terbaik. Setidaknya iguana harus mendapatkan cahaya 10 hingga 12 jam per harinya.

Lampu UVB dan lampu basking

Jika kesulitan untuk mendapatkan sinar matahari, gunakan 2 lampu ini ya teman..

1. Lampu UVB.

Selain matahari, kamu juga dapat gunakan lampu khusus reptil UVB. Ada dua tipe lampu jenis ini, yaitu rainforest (hewan hutan tropis) dan dessert (gurun). Untuk iguana gunakan yang rainforest.

Yang jual lampu UVB banyak kok, kamu bisa cek referensi dari saya di link berikut.

https://www.tokopedia.com/p/perawatan-hewan/perawatan-reptil/lampu-uva-uvb-reptil

Posisikan lebih tinggi 10-20cm dari kandang. Bagaimanapun, sinar matahari tetaplah yang terbaik. Bila sudah rutin jemur, tidak perlu lampu lagi. Untuk menghemat biaya, gunakan sinar matahari saja ya..

Lampu UVB berfungsi kurang lebih satu tahun, jika sudah lewat setahun, lampu masih hidup namun kandungan UVB sudah berkurang atau habis sehingga fungsinya tidak ada lagi.

2. Lampu Basking. (optional)

Lampu basking atau bisa disebut pemanas reptil, dapat menyediakan panas bagi reptil agar dapat beraktifitas. Panas tidak dapat ditimbulkan oleh hewan berdarah dingin seperti reptil dan amfibi, maka diperlukan panas dari lingkungannya.

Lampu basking khusus reptil memiliki kelebihan daripada lampu pemanas biasa, yaitu kandungan UVA yang berfungsi meningkatkan nafsu makan reptil. Pemberian lampu pemanas ini hanya diperlukan jika kondisi lingkungan dingin.

Makanan dan minuman iguana

Makanan yang fresh akan menjaga kesehatan iguana. Dulunya, menambahkan makanan kucing pada iguana dianggap bisa membuat iguana tubuh lebih cepat. Nyatanya, makanan tersebut malahan membuat masalah pada hati iguana dan membuat hidupnya tidak berlangsung lama.

Iguana sendiri adalah herbivora alami. Jadinya mereka tidak membutuhkan protein dari hewan. Perlu diketahui juga, iguana juga tidak memakan serangga seperti yang dipikirkan selama ini, terkecuali jika mereka terpaksa.

Untuk membuat iguana tetap sehat, campuran makanan dari daun berwarna hijau gelap, beberapa buah – buahan dan kalsium suplemen menjadi makanan terbaik. Hanya saja, pemberian buah – buahan dan kalsium suplemen harus diberikan satu minggu sekali untuk diet mereka.

Berikut beberapa makanan iguana yang harus diberikan dan yang harus dihindari:

  • Sawi, kangkung, atau sayuran hijau (makanan utama)
  • wortel parut, labu, buah (melon, apel, pepaya, alpukat, dll). Berikan setiap 2 atau 3 hari bersama dengan makanan utama.
  • Bubuk multivitamin dan Kalsium. Taburkan bubuk kalsium dan bubuk vitamin seminggu sekali pada makanan iguana.
  • Makanan Terlarang!. Daging dan produk hewani. Berakibat obesitas dan komplikasi ginjal karena tidak dapat dicerna, sehingga ada residu yang tertinggal dan memperberat kerja ginjal.
  • Biji-bijian dan susu juga tidak dianjurkan.

Paling penting menghindari pemberian makanan berprotein tinggi pada iguana. Untuk iguana yang masih muda, memberikan makan setiap hari perlu dilakukan, sedangkan iguana dewasa mungkin beberapa hari sekali tetapi rutin dan sudah ada jadwalnya tersendiri.

Pemberian minuman pada iguana juga harus air yang segar. Memberikannya juga saat memberikan makan atau disela – sela pemberian makanan. Saat memberikan makanan di dalam kandang, suhu kandang juga harus diperhatikan agar iguana bisa mencerna makanan dengan baik. Setidaknya kandang harus memiliki suhu 30 derajat celsius.

Masalah kesehatan iguana

Cara memelihara iguana juga sangat penting mengetahui beberapa masalah kesehatan yang mungkin saja terjadi. Seperti kebanyakan reptil lainnya, iguana memiliki bakteri salmonela yang bisa menyebabkan penyakit pencernaan.

Bahkan, jika di rumahmu ada wanita hamil, anak – anak hingga orang tua, menghindari kontak langsung dengan iguana harus dilakukan agar tidak terinfeksi bakteri tersebut. Bahkan mungkin iguana bukan hewan peliharan terbaik.

Perlu diketahui juga iguana yang stress atau ketakutan bisa membuat ekornya putus, seperti reptil kebanyakan. Memang bisa tumbuh kembali, hanya saja ekornya tidak akan seindah dan sebesar ekor yang sebelumnya.

Info Tambahan

Informasi tambahan buat kamu yang masih pemula didunia reptil. Saya akan berikan info tentang perbedaan jenis kelamin iguana jantan dan betina.

  • Ciri iguana jantan yaitu dengan adanya kantong besar lemak di bagian belakang kepala. Rahang sang jantan juga berukuran besar dan memiliki pori-pori femoralis besar di bawah paha.
  • Iguana betina memiliki ciri-ciri dengan ukuran kepala yang lebih kecil. Iguana betina juga tidak memiliki kantong besar lemak pada kepala. Selain itu, pori-pori femoralis betina berukuran kecil.

Saat masuk musim kawin, duri pada punggung iguana jantan umumnya lebih tegak serta kepala sering digerakkan seperti mengangguk-angguk. Sang jantan akan menjadi lebih agresif selama musim kawin.

Mereka juga cenderung menghindar ketika didekati. Iguana betina akan menggali lubang di daerah yang menerima banyak sinar matahari untuk bertelur.

Iguana dan bunglon, serupa tapi tak sama. Mungkin bagi kalian yang masih mikir-mikir mau pelihara reptil jenis ini atau tidak, saya berikan opsi lain, yaitu bunglon.

Jangan khawatir, sudah saya berikan artikel panduan merawatnya, bisa dibaca di artikel cara memelihara bunglon.

Itulah cara memelihara iguana untuk kamu yang masih pemula. Memang memelihara hewan tidak semudah yang dipikirkan. Setiap hewan membutuhkan perlakuan tersendiri agar tetap hidup dan tidak stress. Bahkan untuk hewan spesial, seperti iguana.

Tinggalkan komentar