Cara Membuat Pakan Ikan Lele

Rumahhewan.co.id – Kalian sedang mencari cara membuat pakan ikan lele supaya cepat panen? Saat ini budidaya ikan lele memang cukup menjanjikan. Permintaan pasar  dan harga yang stabil, bahkan seringkali meningkat membuat banyak orang mencoba untuk menekuninya. Namun, bagi peternak ikan pemula, usaha budidaya ikan kali ini tidak gampang. Kamu harus belajar banyak aspek, terutama soal pakannya.

Lele merupakan jenis ikan yang nafsu makannya tinggi. Jika hanya mengandalkan pelet, tentu kurang dapat memenuhi kebutuhannya. Apalagi lele usia 1 sampai 3 bulan memerlukan asupan protein mencapai 35-50%, kemudian di atas 4 bulan membutuhkan sebesar 25-40%.

Maka dari itu, kali akan dibagikan panduan cara membuat pakan lele dengan kandungan protein, serat, dan lemak seimbang, sehingga lele lekas besar, tetapi hemat biaya.

Cara Membuat Pakan Ikan Lele

Berikut cara membuat pakan ikan lele murah dengan bahan utama berupa dedak halus (bekatul). Sebagai jenis pakan alternatif, dedak terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan ikan lele secara cepat. Proses pembuatan pakan ini tanpa menggunakan mesin rumit, sehingga dijamin kamu bisa mudah membuatnya. 

Mempersiapkan bahan pakan

Langkah awal membuat pakan lele adalah mempersiapkan bahan dan peralatan sederhana, yakni:

  • Dedak bekatul 5 kg. Hasil sampingan atau limbah penggilingan padi ini memiliki protein dan serat kasar sampai 13.5% serta energi sebesar 1640 hingga 1890 kkal/kg. Kandungan tersebut efektif dalam mempercepat pertumbuhan lele.

    Selain itu, harganya juga relatif lebih murah dibandingkan jenis pakan lainnya. Namun perlu diingat, kamu harus menggunakan dedak bekatul, bukan dedak biasa. Cirinya halus dan saat direndam tidak menyisakan kotoran (mengapung sepenuhnya).
  • Pelet 2.5 kg. Adanya pelet berfungsi untuk melengkapi kebutuhan asam amino, mineral, dan vitamin pada dedak. Pakai pelet yang besanya sesuai dengan ukuran ikan mengandung protein sebesar 20%. Terlengkapinya kadar protein akan menyehatkan pencernaan ikan lele. Sehingga pertumbuhannya pun lebih optimal.
  • Ikan asin 0.25 kg. Sebagian dari kamu mungkin masih asing untuk menambahkan ikan asin pada pakan ikan lele. Padahal ternyata, bahan ini membuat ikan menjadi lahap karena aroma khasnya. Terlebih jika jenis yang dibudidayakan adalah ikan lele dumbo.
  • Minyak goreng secukupnya. Hampir sama dengan fungsi ikan asin, minyak goreng merupakan bahan tambahan untuk meningkatkan aroma pakan. Semakin menyengat baunya, maka ikan lele pun menjadi lebih suka dengan pakan yang kamu buat.
  • Garam 5 sdm. Kegunaan garam dalam pakan ikan lele adalah sebagai pengawet dan menjaga kandungan nutrisi semua bahan. Sebisa mungkin gunakan garam dengan kualitas bagus, sehingga kadar iodiumnya lebih terjamin.
  • Air 5 lt. Penambahan air berguna untuk melarutkan semua bahan  pakan ikan lele dan membuat pelet mengembang. Pastikan memakai air yang bersih.
  • Wadah besar. Untuk membuat adonan pakan lele dibutuhkan wadah besar. Kamu bisa menggunakan ember, panci, atau lainnya. Wadah ini nantinya digunakan untuk mencampur adonan dan mengukusnya.

Mencampur semua bahan pakan

Selanjutnya merupakan inti dari pembuatan pakan ikan lele. Silahkan campur dedak bekatul, pelet, ikan asin, garam, dalam wadah besar. Tambahkan air secara perlahan sembari aduk hingga merata.

Jika sudah, lalu diamkan kurang lebih selama satu jam. Setelah itu, tambahkan minyak sayur dan uleni lagi hingga tercampur sempurna.

Baca juga: Cara ternak ikan gurame

Memasak adonan pakan

Jika biasanya cara buat pakan lele serta peralatannya cukup rumit, sekarang kamu sudah bisa membuatnya dengan langkah sederhana. Adonan pakan yang telah tercampur rata kemudian masukkan dalam panci pengukus.

Fungsinya adalah membuat pakan menjadi tahan lama dan membunuh kemungkinan adanya parasit atau bakteri pada bahan. Terlebih ada tambahan ikan asin pada adonan. Tunggu hingga adonan berubah warna menjadi coklat tua dan tercium baunya. Setelah dirasa matang, angkat segera adonan pakan.  

Menyimpan pakan ikan lele

Cara bikin pakan ikan lele yang terakhir adalah dengan mendiamkannya selama 24 jam di ruangan bersirkulasi udara baik. Tetapi sebelumnya, pastikan menutupnya menggunakan plastik yang telah diberi lubang-lubang kecil.

Setelah semalam atau 24 jam, kamu sudah bisa memberikannya pada ikan-ikan lele. Caranya, cukup dikepal-kepal, lalu masukkan ke dalam kolam. Berikan pakan organik ini 2 kali sehari.

Hal penting yang perlu diingat, jangan melempar pakan sekaligus, melainkan berangsur-angsur dan merata. Tujuannya agar kamu bisa tahu apakah ikan masih lapar atau sudah kenyang. Sebab pakan yang tersisa dalam kolam dapat menurunkan pH air (bersifat asam) alias menurunkan kualitasnya

Demikian cara membuat pakan ikan lele untuk mempercepat pertumbuhannya. Sangat mudah, bukan? Jika kamu mau membuat lebih dari takaran di atas tinggal membuatnya menjadi dua kali lipat, tiga kali lipat, dan seterusnya. Untuk menjaga dari serangan penyakit, kamu bisa memberinya vitamin tambahan yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran. Semoga bermanfaat, ya.

Tinggalkan komentar