Cara Memancing Burung Walet

Rumahhewan.co.id – Tertarik pada burung walet, tetapi masih bingung bagaimana cara memancing burung walet datang ke sarang yang sudah kamu siapkan? Burung berwarna hitam dengan ekor yang panjang, identik dengan sayap yang runcing, dan pemakan serangga ini memang banyak yang memburu.

Apalagi bisnis burung walet sangatlah menjanjikan, di mana sarangnya memiliki nilai yang cukup tinggi karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Sebagai obat batuk, mempercantik kulit, meningkatkan nafsu makan, dan manfaat-manfaat lainnya.

Karena tidak semua yang memiliki kecintaan pada burung walet juga memiliki kemampuan untuk bisa memanggilnya berdatangan, oleh karena itu, cara-cara yang ditawarkan di bawah ini akan dapat membantu kamu.

Burung Walet

Sebelum dapat memancingnya, kamu harus kenal lebih dekat dulu dengan si walet ini. Burung walet ini biasanya dapat kamu temui di tempat yang gelap dan tinggi, seperti di gua-gua. Masa hidupnya pun tergolong lama, yakni sekitar 16-18 tahun dan pada walet dewasa, mereka mampu membuat sarangnya hingga tiga kali dalam satu tahun.

Burung walet akan sangat mudah untuk dijumpai pada daerah yang beriklim tropis, salah satunya adalah Indonesia. Di iklim tropis lah, di mana terdapat curah hujan yang tinggi dan identik dengan kondisi yang lembab, hal ini sangat cocok sebagai tempat hidup populasi burung walet dan tempatnya berkembang biak dengan baik.

Baca juga: Tips memilih indukan lovebird

Memancing Walet Supaya Cepat Datang

Kamu sudah menyiapkan tempatnya, namun kamu juga perlu menggunakan beberapa trik agar burung walet terpanggil dan menempati tempat yang sudah disiapkan. Apa saja trik-triknya?

1. Gunakanlah Telur Bebek

Telur bebek ini nantinya harus kamu racik terlebih dahulu, namun kamu hanya membutuhkan putih telurnya saja. Kamu bisa menyiapkan telur bebek sebanyak 7 butir untuk kemudian kamu campurkan dengan sarang waletnya yang berjumlah 4 sarang.

Kemudian semuanya dicampurkan dengan air lalu diendapkan dalam ruangan tertutup selama 2 minggu. Nah.. setelah 2 minggu, kamu bisa menyemprotkannya di dinding-dinding tempat kamu memanggil walet agar datang. Usahakanlah agar penyemprotan dilakukan di atas jam 10, ketika suhu di luar ruangan sedang panas-panasnya.

2. Manfaatkan Kotoran Burung Walet

Kotoran dari burung walet dapat digunakan untuk memancing kedatang si walet. Bau dari kotoran tersebut akan membuat walet berpikiran bahwa di tempat tersebut juga merupakan tempat bersarangnya walet-walet yang lain. Sehingga burung walet akan menghadiri tempat tersebut dan menjadikan sebagai sarangnya.

3. Menggunakan Bunyi-Bunyian

Bunyi-bunyian yang dimaksud adalah bunyi anak-anak burung walet. Dengan adanya bunyi tersebut, burung-burung walet akan terpancing untuk mendatanginya.

4. Memberikan Bau-Bauan

Salah satu cara memancing burung walet adalah dengan memberikan bau-bauan. Bau-bauan berasal dari kotoran burung walet sendiri. Namun, perlu kamu ketahui bahwa jangan terlalu sering untuk memberikan bau-bauan berupa kotoran burung walet di ruangan tersebut.

Hal itu dikarenakan kotoran burung walet mengandung asam belerang, karbon dioksida, dan gas amonia yang dapat mempengaruhi kesehatan dari burung-burung walet.

5. Bangunan Yang Luas dan Tinggi

Karena burung walet sangat suka berada di dinding-dinding yang tinggi serta luas, maka kamu harus mempersiapkan tempat yang sedemikian rupa agar si walet betah dan leluasa bersarang di dalamnya. Ruangan juga sebaiknya tidak banyak memberikan sekat pada burung walet dan biarkan ruangan benar-benar luas.

6. Lebih Baik Anyaman Bambu Daripada Tembok

Bilik-bilik yang kamu buat dari anyaman bambu akan lebih baik jika dibandingkan dengan sekat-sekat dari tembok. Anyaman bambu atau kamu juga bisa menggunakan besek untuk diletakkan di beberapa titik di langit-langit bangunan atau sisi lainnya.

Dengan anyaman bambu itulah, air liur burung walet lebih mudah untuk menempel daripada di tembok. Nantinya burung walet akan memilih tempat bersarang yang dirasa nyaman baginya

Dari beberapa trik cara memancing burung walet di atas, kamu bisa memilih dan menerapkannya. Kamu juga bisa mencoba secara satu persatu untuk membandingkan cara mana yang lebih efektif dan lebih banyak memancing burung walet untuk datang. Tentunya kamu harus melakukannya secara bertahap dan jangan mudah untuk menyerah. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar