Budidaya Ikan Nila Merah

Rumahhewan.co.id – Ikan Nila merupakan jenis ikan air tawar yang banyak penggemarnya. Perawatan dan cara pemeliharaannya juga mudah. Peminatnya cukup banyak apalagi untuk ikan Nila yang berjenis ikan Nila merah, sehingga tak ada salahnya jika mau menekuni usaha budidaya ikan nila merah, karena akan dapat memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Apa itu Ikan Nila?

Nama latinnya adalah Oreochromis niloticus, ikan Nila ini juga dikenal dengan sebutan ikan Nile Tilapia. Ikan Nila termasuk jenis ikan air tawar dan merupakan ikan pemakan segalanya. Perawatannya dan juga pemeliharaan ikan Nila ini termasuk mudah  dan tidak memerlukan kolam ikan yang harus besar ukurannya.

Kelebihan Jenis Ikan Nila Merah

Ikan Nila berwarna merah memang memiliki keunggulannya tersendiri. Ikan Nila Merah tersebut memiliki bentuk dan juga warna yang menarik. Rasa dari daging ikannya juga enak dan cukup gurih. Tingkat pertumbuhan ikan ini juga termasuk cukup cepat, terutama untuk jenis ikan jantannya.

Dengan demikian, maka akan bisa dipanen dengan lebih sering. Ikan Nila warna merah ini termasuk yang cukup mudah untuk dikembangkan. Ikan Nila ini secara keseluruhan jenisnya tergolong sebagai ikan yang cukup aktif untuk mencari makan, yakni khususnya pada waktu siang hari.

Juga dengan tingkat kelangsungan hidup yang cukup tinggi, serta cukup tahan terhadap serangan dari berbagai jenis penyakit. Ikan Nila ini juga bisa dipelihara dalam kolam yang kondisinya dengan tingkat kepadatan yang tinggi.

Ikan Nila warna merah terutama itu cukup banyak peminatnya dan bisa diterima oleh pasar dengan baik, yakni baik itu untuk pasar dalam negeri maupun untuk pasar luar negeri. Kelebihan lainnya adalah juga bahwa pengembangbiakan ikan nila merah itu tidak mengenal musim, jadi bisa kapan saja.

Cara Budidaya Ikan Nila Merah

Guna pembudidayaannya agar ikan nila merah bisa tumbuh berkembang dengan baik maka perhatikan beberapa hal sebagai berikut.

ikan nila merah
sumber: www.aquaculturepro.com

1. Jaga Kondisi Air Kolam

Selalu jaga kebersihan air kolamnya, jaga agar air kolam dalam PH yang ideal. Juga jaga agar suhu air kolam stabil dan tidak mengalami pergolakan atau lonjakan naik turun yang terlalu drastis. Jaga.juga agar pasokan oksigen dalam airnya cukup. Kondisi air kolam ikan yang kotor dan keruh serta kurang kandungan oksigennya akan membuat ikan menjadi stres dan bisa mati.

2. Siapkan Kolam yang Layak

Untuk melakukan ternak ikan Nila merah, kamu harus siapkan kolam yang layak. Kalian bisa membuat kolam ikan dengan beton atau dengan terpal. Jika pemula, sebaiknya buat yang ukuran sedang saja.

Untuk beternak nila merah menggunakan beton, kamu bisa menuju ke artikel berikut.

3. Beri Pakan dengan Kualitas yang Baik

Kualitas pakan ikan Nila Merah yang baik itu meliputi jumlah pakannya yang cukup, seimbang dengan jumlah ikan nila merah yang ada di kolam, yakni tidak terlalu banyak sehingga bisa mencemari dan mengotori kolam ikan Nila Merahnya.

Karena tidak termakan dan menjadi basi serta menimbulkan jamur serta bakteri dan memicu timbulnya berbagai jenis penyakit ataupun terlalu sedikit sehingga akan membuat ikan Nila merah badannya terluka akibat terjadinya gesekan pada saat berebut makanan.

Kualitas pakan ikan Nila yang baik juga adalah meliputi komposisi bahan-bahannya yang tepat dan juga masa kadaluarsa bahan pakan ikan Nila yang masih berlaku, jadi bukan pakan ikan yang basi. Pakan yang basi akan menimbulkan penyakit. Frekuensi pemberian pakan untuk ikan Nila Merah bisa hingga selama dua kali sehari, yakni di pagi hari dan di sore hari.

Pembahasan lebih lanjut silahkan menuju ke artikel pakan ikan nila supaya cepat besar.

4. Jaga agar Ikan Tidak Stres

Ikan Nila merah yang mengalami stres maka akan fatal dampaknya, yakni bisa menjadi berkurang nafsu makannya dan tidak mau makan, dan menjadi sulit untuk berkembang hingga bisa kemudian menjadi mengalami kematian.

Adapun penyebab stresnya bisa banyak, terutama adalah kondisi air dan juga bisa karena kualitas pakannya yang kurang baik. Cek selalu kondisi air  yang meliputi kebersihan air kolamnya, aliran air kolamnya juga pasokan oksigen atau tingkat kandungan oksigen dalam air kolamnya dan lain sebagainya.

Pasang saringan pada aliran air masuk ke kolamnya, sehingga sampah-sampah dari luar tidak bisa masuk ke dalam kolam. Cek juga kondisi pakan sebelum diberikan kepada ikan di kolam. Cek masa kadaluarsanya juga komposisi bahan-bahannya 

Ingin usaha ternak ikan yang lainnya? Baca artikel rekomendasi berikut:

Masa Panen Ikan

Pada saat tiba masa panen maka agar bisa mendapatkan hasil panen ikan Nila Merah yang baik dan dalam kondisi ikan yang segar dan berat yang layak supaya harga jualnya bisa tinggi, maka perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Ukuran Besar Standar Ikan Siap Panen

Ukuran standar ikan Nila layak dan yang siap panen itu adalah jika telah mencapai berat sekitar 300 gram hingga 500 gram atau jika ikan Nila Merah telah berusia minimal selama sekitar 3 bulanan.

2. Cara Memanen yang Benar

Selama pada tahap panen ikan maka perlu juga menjaga agar ikan Nila Merah yang akan dipanen tersebut tidak dalam kondisi stres juga. Baik pada panen sebagian atau panen total selalu sambil dengan dialiri air bersih yang mengalir, guna menjaga supaya ikan Nila merah yang akan dipanen tidak mengalami stres.

Pelajari lebih lengkap tentang masa panen ikan nila di artikel berikut, https://rumahhewan.co.id/panen-ikan-nila/

Budidaya ikan Nila merah cukup mudah dan juga akan memberi hasil yang menguntungkan, layak untuk dicoba dan ditekuni.

Tinggalkan komentar