Bahaya Memelihara Iguana

Rumahhewan.co.id – Apakah bahaya memelihara iguana? Ya, pasti pertanyaan ini muncul dibenak kamu saat ingin memelihara iguana. Tentu hal ini dikhawatirkan karena iguana merupakan hewan reptil dengan tampang yang sangar dan bertubuh besar.

Iguana adalah hewan reptil yang banyak dipilih sebagai hewan peliharaan akhir – akhir ini. Seperti kebanyakan hewan, memelihara iguana juga berisiko. Namun sebenarnya, semua hewan juga berisiko tergantung akan tingkatannya, terlebih kalau tidak dirawat dengan baik dan tepat. Bahaya memelihara iguana bisa dibilang sedang hingga tinggi.

Ada banyak yang bilang kalau iguana merupakan hewan yang suka menggigit. Sebenarnya, hewan menggigit karena mereka merasa terancam hingga stress. Resiko memelihara binatang tergantung akan diri kamu sendiri sebagai pemiliknya. Nah, untuk iguana sendiri, mungkin ada beberapa resiko yang bisa kamu dapatkan, seperti berikut ini.

Bahaya Gigitan Iguana

Risiko pertama dalam memelihara iguana adalah mendapatkan gigitan. Banyak yang berpikiran bahwa iguana adalah hewan karnivora karena memang suka menggigit. Padahal, iguana adalah hewan herbivora.

Bahaya gigitan iguana

Gigitan dari iguana bukan berarti iguana akan mengunyah jari kamu. Hanya saja memang efek gigitannya berbeda – beda. Ada yang menyebabkan luka biasa saja, ada juga yang bisa sampai dioperasi karena gigitan yang terlalu dalam.

Namun begitu, jangan terlalu takut memelihara iguana. Mungkin saja, iguana bisa menggigit karena ada beberapa faktor. Mulai dari stress, sakit atau musim kawin. Kebanyakan iguana yang memasuki musim kawin mungkin lebih sensitif. Lagi pula, iguana juga memiliki karakter tersendiri.

Kalau kamu memelihara dari bayi hingga dewasa, mungkin iguana tidak akan akan menggigit kamu sebagai pemiliknya karena memang sudah lebih jinak.

Namun tetap saja, harus lebih berhati – hati. Perhatikan tingkah laku iguana setiap harinya. Perhatikan apakah iguana sedang good mood atau memang sedang tidak ingin diganggu.

Cakaran Iguana

Sama seperti kucing, iguana memiliki kuku yang tajam. Kuku tersebut digunakan untuk mencengkeram batang pohon saat memanjat. Selain itu, iguana juga suka memanjat pemiliknya saat digendongan. Dikarenakan kukunya yang tajam, sangat penting untuk menggunakan baju pelindung saat ingin menggendong iguana.

Iguana juga bisa mencakar, layaknya kucing kalau sedang terganggu. Buat kamu yang tidak siap mendapatkan luka cakaran, iguana dan kuncing menjadi dua hewan yang tidak cocok kamu pelihara. Namun begitu, kamu juga bisa meminimalkan bahaya memelihara iguana ini dengan rajin memotong kukunya. Jadinya cakarannya juga tidak terlalu melukai kulit kamu.

Walaupun begitu, saat memutuskan memelihara hewan dibutuhkan kesabaran dan niatan, apapun jenisnya. Risiko tetap saja ada, tetapi perlakukan yang baik pada binatang bisa menjadi langkah terbaik untuk mencegah risiko terjadi.

Penyakit Pada Iguana

Sama halnya dengan kita, iguana juga merupakan makhluk hidup yang bisa saja sakit. Bahaya memelihara iguana ini juga bisa saja terjadi, jika perawatannya saja. Ada beberapa jenis penyakit iguana yang bisa menyerangnya. Salah satunya adalah infeksi.

Infeksi yang terjadi pada iguana bisa terjadi karena kebersihan kandang iguana yang kurang bersih. Selain itu, proses pergantian kulit iguana yang tidak sempurna juga bisa mengakibatkan infeksi.

Kandang iguana yang kotor, lembab dan tidak terawat memudahkan bakteri berkembang. Nah, hal inilah yang bisa menimbulkan jamur pada iguana. Selain itu, faktor makanan yang tidak baik bisa menyebabkan iguana mengalami cacingan. Iguana juga bisa terkena penyakit tulang, parasit hingga penyakit ginjal dan hati.

Iguana Pembawa Penyakit

Iguana merupakan hewan reptil yang sekaligus membawa bakteri salmonela atau biasa dikenal dengan salmonellosis. Bakteri yang satu ini sangat mudah menginfeksi orang yang bersentuhan langsung dengan iguana. Bahkan, wanita hamil, anak – anak dan orang tua sangat rentan terinfeksi bakteri salmonela.

Biasanya orang yang terinfeksi akan mengalami masalah pencernaan, walaupun tidak ada gejala yang ditimbulkan dari hewan. Beberapa gejala yang mungkin pada kamu yang terinfeksi adalah deman, diare dan kram otot. Biasanya hal ini bisa berlangsung hingga satu minggu lamanya.

Untuk langkah pencegahan akan bahaya memelihara iguana ini, memeriksakan iguana ke dokter hewan secara rutin adalah langkah terbaik. Selain itu, setelah memegang iguana sangat penting untuk mencuci tangan hingga bersih, bahkan harus menggunakan sabun.

Kandang iguana yang kotor dan melakukan kontak langsung bisa membuat infeksi bakteri salmonella lebih terjadi. Jadi, sangat penting untuk membuat kandang iguana selalu bersih dan pastikan bahwa makanan yang diberikan juga masih bersih dan fresh.

Baca juga: Cara memelihara bunglon

Tips Merawat Iguana agar Terhindar dari Bayaha

Merawat iguana memang membutuhkan perawatan yang tinggi. Namun bukan berarti, iguana tidak bisa dijadikan hewan peliharaan, hanya saja perawatannya lebih ekstra dibandingkan hewan peliharaan pada umumnya.

Hal yang harus dilakukan agar terhindar dari resiko merawat iguana sebagai berikut:

  • Rawat iguana dari bayi
  • Buatkan kandang yang luas
  • Atur pola makan yang ideal
  • Perhatikan kesehatan iguana
  • Seringlah jemur iguana di bawah sinar matahari pagi

Merawat iguana tidaklah sulit seperti yang kita bayangkan. Tidak menimbulkan bahaya atau resiko saat memeliharanya. Untuk panduan merawatnya, kalian bisa baca di artikel cara memelihara iguana.

Tinggalkan komentar