8 Langkah Mudah Cara Ternak Ikan Cupang Untuk Pemula

8 Langkah Mudah Cara Ternak Ikan Cupang Untuk Pemula

Halo apakabar kalian semua penghobi ikan cupang diseluruh nusantara. kali ini rumahhewan.co.id akan membahas 8 Langkah Mudah Cara Ternak Ikan Cupang Untuk Pemula, yuk simak baik baik.

  1. Persiapan pertama yang pasti kita butuh wadah

Wadah bisa wadah plastik atau aquarium atau kolam semen yang penting bisa menampung air dan tidak bocor

  1. Persiapan air

Air endapan yaitu air yang sudah diendapkan kruang lebih 1 hari 1 malam. Air yang digunakan bebas bisa air pdam atau air sumur, yang penting sudah diendapkan. Tujuannya apa diendapkan supaya mengurangi kadar logam beratnya. Kemudian ditambahkan juga daun ketapang kering yang sudah di olah. Tujuan daun ketapang ini adalah untuk menormalkan ph air yang digunakan untuk ikan cupang. Dan tidak lupa kita gunakan garam ikan, garam ikan ini tujuannya untuk mensterilkan air supaya tidak tercemar oleh bakteri.

Cara Mengolah Daun Ketapang Agar Tidak Berminyak dan Aman untuk Ikan Cupang

Cara mengolah daun ketapang disini saya akan jelaskan sekalian. Pertama cari daun ketapang yang sudah kering yang jatuh di tanah itu diambil lalu di cuci bersih sama air. Setelah itu siapkan bak kecil di isi dengan garam ikan/garam dapur secukupnya atau 5 sedok makan lalu dilarutkan dengan air secukupnya.

Setelah itu rendam semua daun ketapang yang sudah di cuci tadi selama 24 jam. Dan setelah 24 jam direndam nanti akan muncul minyak2 yang dikeluarkan oleh daun ketapang tersebut. Itulah tujuan kemarin daun direndam dengan air garam yaitu untuk mengangkat minyak yang ada didaun ketapang tersebut. Setelah itu kumpulkan daun daunnya lelu di jemur sampai kering. Kalau sudah kering berarti sudah siap di pakai. Cara pakainya yaitu 1 liter air seperempat daun dipotong bisa pakai gunting. Tujuannya yaitu untuk menormalkan ph air biar ikan cupangnya sehat. Sudah kita lanjut ke tahap selanjutnya.

  1. Pemilihan induk jantan dan induk betina

Untuk yang jantan pilih yang sehat umur minimal 6 bulan, kenapa umur minimal 6 bulan karena di umur ini biasanya induk jantan sudah matnag kelamin dan dia siap untuk merawat burayak.

Sedangkan untuk betina pilih yang perutnya sudah gendut karena biasanya kalau perutnya sudah gendut itu sudah banyak telurnya. Biasanya betina yang full telur itu minimal usia 5 bulan atau 6 sampai 7 bulan. Untuk perbedaan cupang jantan dan cupang betina saya akan jelaskan sekalian disini.

Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Ikan Cupang Betina

Coba lihat gambar di atas. Sebelah kiri itu adalah cubang betina sedangkan sebelah kanan itu cupang jantan. Dan lihat dasi nya. Untuk betina itu lebih pendek dan untuk jantan itu lebih panjang. Perbedaan yang kedua yaitu perutnya. Untuk cupang betina perutnya kelihatan lebih gendut sedangkan yang jantan perutnya langsing. Kemudian dari bentuk siripnya kalau cupang jantan siripnya lebih panjang dan warnanya lebih cerah, sedangkan cupang betina sirip siripnya lebih pedek dan biasanya tidak secerah jantan. Dan ciri2 yang paling menonjol yaitu di perut betina ada titik putih.

 

  1. Proses penjodohan

Penjodohan ini biasanya berlangsung kurang dari 24 jam, prosesnya yaitu pejantan di masukkan ke dalam bak sedangkan betina di masukkan kedalam toples. Tujuannya supaya pejantan bisa bebas membuat sarang di dalam bak pemijahan. Jangan kebalik ya teman teman, jadi jantan itu ditaruh di bak yang luas sedangkan betinanya ditaruh di toples yang kecil lalu disatukan dalam wadah tersebut biarkan mereka saling melihat supaya mereka pacaran.

Proses penjodohan bisa dikatakan selesai bila di bak pemijahan ini si jantan sudah membuat sarang yaitu sarang busa. Apabila tidak membuat sarang busa maka teman teman bisa menunggu sampai jantannya ini membuat sarang jadi biasanya 24 jam atau satu hari satu malam bisa ditunggu besok harinya. Kalau sampai 3 hari sijantan belum juga membuat sarang berarti pejantannya itu belum siap untuk kawin. Jadi bisa diganti dengan pejantan lain yang lebih siap.

  1. Proses pemijahan (Kawin)

Proses pemijahan ikan cupang biasanya terjadi setelah proses penjodohan selesai, yaitu pada saat sijantan sudah selesai membuat sarang. Biasanya keesokan harinya disarang itu sudah mulai ada telur itu tandanya betina sudah mulai bertelur. Apakah ini sudah bisa dipindah pejantan dan betinanya. Belum teman teman. Jadi pada saat proses pemijahan baiknya jangan eprnah di lihat2 dulu, biarkan dulu aja supaya mereka tenang melakukan proses pemijahannya, proses pemijahan ini biasanya berlangsung selama 24 jam atau satu hari satu malam.

Jadi misal sekarang sudah selesai membuat sarang biasanya besoknya itu sudah bisa bertelur dan kalau betina sudah bertelur biasanya kelihatan sarang busanya itu seperti ada bintik bintik putih itu berarti betina sudah bertelur. Dan perhatikan juga apakah betina nya ini sudah mulai diusir oleh pejantannya. Kalau betinanya ini sudah mulai diusir dan betinanya ini sudah diam di pojokan berarti proses pemijahannya sudah selesai.

  1. Angkat induk betina

Langkah selanjutnya setelah proses pemijahan selesai yang ditandai dengan betina selesai mengeluarkan telur yaitu kita wajib mengangkat induk betinanya. Nah perhatikan gambar diatas yang diangkat indukan betinanya jangan sampai keliru nanti malah yang diangkat jantannya. Kenapa teman teman karena ikan cupang itu berbeda dengan manusia. Kalau manusia yang merawat anaknya kan ibunya sedangka kalau ikan cupang yang merawat anaknya justru bapaknya jadi bapak siaga.

Pada saat selesai bertelur betina ini mempunyai sifat yang jelek, yaitu dia biasanya memakan anak dan telurnya sendiri, na tugas si jantan atau bapaknya biasanya bapaknya ini melindungi telurnya dari serangan si betina nah itulah sebabnya kenapa pada saat selesai proses pemijahan ditandai dengan sudah diusirnya si induk betina oleh sijantan. Sebaiknya si induk betina harus segera diangkat tujuannya yang pertama untuk melindungi telur supaya tidak di mangsa oleh indukan betinanya yang kedua supaya indukan betina tidak di hajar oleh jantannya.

Kalau sampai betinanya itu di pukul oleh induk jantan bisa2 induk betinanya ini babak belur penuh luka dan stres akhirnya untuk proses pemijahan selanjutnya memakan waktu yang lebih lama bagi induk betina karena selain pemulihan luka lukanya dia juga butuh pemulihan pengisian telur kembali. Dan untuk mengangkat induk betina sebaiknya dilakukan pagi hari disaat udara masih sejuk hal ini untuk menghindari resiko stres

  1. Angkat indukan jantan

Tahap selanjutnya yaitu setelah betina kita angkat maka biarkan jantan yang merawat telur dan burayaknya. Induk jantan akan merawat telur hingga telur telur itu menetas menjadi burayak ikan cupang. Lalu kapan induk jantan ini bisa kita angkat, sebenarnya tidak ada acuan pasti kapan induk jantan ini bisa kita angkat, tapi menurut saya biasanya saya akan angkat pada saat burayak ini sudah terlihat bisa berenang dan dia sudah bisa mencari makan sendiri.

Kalau untuk patokan hari biasanya sih hari ketiga dia kan sudah mulai bertelur nah dari bertelur ke menetas ini kan satu hari pada saat awal menetas sampai umur tiga hari dia tidak perlu diberi makan dulu karena masih ada kandungan kuning telur di perut burayaknya. Nah pada masa ini jantan tidak perlu diangkat dulu karena dia masih merawat anak anak ikan cupangnya. Baru pada hari keempat pada saat burayak sudah bisa berenang sendiri baru pejantan bisa kita angkat.

Namun saya pernah juga mencoba burayak ini saya biarkan bersama induk jantannya selama 1 bulan ternyata tidak apa apa juga, itu semua tergantung dari induk jantannya. Kalau induk jantannya pintar dan bisa merawat burayak dengan baik sebenarnya selama lama pun tidak masalah. Tapi untuk lebih amannya sebaiknya kita lihat pada saat burayak sudah bisa berenang baru kita angkat induk jantannya.

  1. Perawatan burayak

Setelah induk jantan diangkat sebenarnya difase ini proses pemijahan ikan cupang sudah selesai. Tahap selanjutnya adalah tinggal merawat burayak burayak ikan cupangnya. Tahap disini yang paling penting kaerna pemilihan pakan yang tepat itu bisa menunjang keberhasilan atau daya hidup dari burayak burayak itu. Untuk pakan yang saya gunakan biasanya infusuria.

Demikian dari saya untuk pembahasan proses pemijahan ikan cupang

Tinggalkan komentar